SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang memperkirakan sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng), termasuk Soloraya, masih diguyur hujan sampai pertengahan Maret 2014. Curah hujan tinggi masih akan mengguyur Boyolali, Sragen, dan Karanganyar, sedangkan curah hujan sedang terjadi di Solo, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, dan Wonogiri.

”Potensi hujan deras masih terjadi, sehingga masyarakat supaya tetap waspada terjadinya banjir,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Semarang, Reni Kraningtyas kepada Solopos.com di ruang kerjanya, Senin (24/2).

Dia menyebutkan di wilayah Soloraya curah hujan yang cukup tinggi terjadi di Boyolali, Sragen, dan Karanganyar, yakni antara 301 mm-400 mm. Untuk wilayah Solo, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, dan Wongori, curah hujan sedang yakni antara 201 mm-300 mm.
”Meski curah hujan sedang bila turun terus menerus akan menyebabkan banjir di kawasan Solo dan sekitarnya karena daerahnya lebih rendah dari Sungai Bengawan Solo,” ungkapnya.
Sedangkan daerah di Jateng yang curah hujannya masih sangat tinggi (401 mm-500 mm) antara lain, Tegal, Pemalang, Purbalingga, Pekalongan, Batang, Banjarnegara, dan Jepara. Penyebab banjir menurut Reni bukan semata karena air hujan, tapi juga buruknya kualitas drainase atau saluran air yang ada di lingkungan masyarakat sehingga menyebabkan air tidak bisa mengalir.
Sebab drainase yang ada kebanyakan tidak berfungsi, tertutup oleh kotoran sampah, menyebabkan air tidak bisa mengalir saat hujan turun mengakibatkan banjir. ”Bila drainase baik dan bersih, maka air bisa mengalir lancar,” ungkapnya.
Reni menambahkan intensistas curah hujan di Jateng diperkirakan mulai berkurang pada pertengahan Maret mendatang. Pada awal April, beberapa wilayah di bagian timur Jateng, bahkan sudah mulai memasuki musim kemarau. ”Musim kemarau diperkirakan pada Mei mendatang,” pungkasnya.
Di wilayah Kota Semarang hujan masih turun pada Sabtu-Minggu (22-23/2/2014), tapi tidak deras, sehingga tidak menimbulkan banjir, seperti pada pada Januari dan awal Februari lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya