SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan curah hujan pada bulan Maret 2019 di wilayah pegunungan tengah Jawa Tengah masih tinggi. Bahkan hujan di sebagian wilayah Jateng tergolong sangat tinggi.

“Berdasarkan peta prakiraan curah hujan bulan Maret yang dikeluarkan Stasiun Meteorologi Kelas I Semarang, curah hujan di wilayah pegunungan tengah Jateng secara umum diprakirakan masih tinggi dengan kisaran 401 mm-500 mm. Bahkan ada beberapa yang diprakirakan lebih dari 500 mm atau sangat tinggi,” ungkap Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo, Jumat (8/3/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan wilayah pegunungan tengah Jateng yang curah hujannya diprakirakan berkisar 401 mm-500 mm, yakni Kabupaten Banyumas bagian utara, sebagian besar Purbalingga, sebagian besar Banjarnegara, sebagian besar Wonosobo, dan sebagian Temanggung.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, wilayah yang curah hujannya diprakirakan lebih dari 500 mm atau sangat tinggi, yakni Kabupaten Tegal selatan yang berbatasan dengan Brebes, Purbalingga bagian utara, Pemalang bagian tenggara, Kabupaten Pekalongan bagian selatan, sebagian Batang sebelah barat, sebagian kecil Banjarnegara bagian barat laut, sebagian perbatasan Banjarnegara dan Wonosobo sebelah selatan, serta sebagian perbatasan Wonosobo dan Purworejo.

“Wilayah pegunungan tengah lainnya seperti sebagian besar Banyumas, sebagian kecil Purbalingga bagian barat daya, serta sebagian kecil Banjarnegara sebelah barat yang berbatasan dengan Banyumas dan Purbalinga curah hujannya diprakirakan berkisar 301-400 milimeter, masih masuk kategori tinggi,” paparnya.

Menurut dia, curah hujan di sebagian Kabupaten Cilacap khususnya bagian utara dan sebagian wilayah tengah serta sebagian Kebumen dan Purworejo bagian utara juga diprakirakan berkisar 301 mm-400 mm. Akan tetapi curah hujan di pesisir selatan Jateng secara umum diprakirakan berkisar 201 mm-300 mm atau masuk kategori menengah, khususnya di Cilacap bagian barat dan timur, Kebumen bagian barat dan timur serta Purworejo bagian selatan.

“Terkait dengan hal itu, kami mengimbau warga yang bermukim di daerah rawan banjir dan longsor untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana tersebut,” kata Teguh.

Disinggung mengenai kondisi cuaca di beberapa wilayah yang terasa dingin dan sifat hujannya sering kali sporadis, dia mengatakan hal itu merupakan dampak dari perubahan iklim yang sulit diprediksi. Kendati demikian, dia memastikan jika hingga saat ini belum memasuki masa transisi dari musim hujan menuju kemarau.

“Yang pasti, hingga saat ini masih berlangsung musim hujan, belum memasuki masa transisi menuju musim kemarau,” katanya. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya