Cuma Belajar di Youtube, Pria Karanganyar Ini Sukses Terbangkan Kerajinan Bambu hingga AS dan India

Cuma belajar di Youtube, Anton Eko Wahyudi, pria asal Karanganyar, Jawa Tengah, berhasil menerbangkan produk kerajinan bambu ke AS dan India.

 Anton, pelaku UMKM Projectbamboo asal Karanganyar, Jawa Tengah. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Anton, pelaku UMKM Projectbamboo asal Karanganyar, Jawa Tengah. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bermula dari belajar lewat video di Youtube, seorang pria asal Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah, Anton Eko Wahyudi sukses menjalankan usahanya kerajinan bambu.

Usaha yang ia namai Projectbamboo ini sudah berjalan selama tiga tahun sejak 2018.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Baca Juga: Diklaim Aman, Ini Sederet Fitur yang Bisa Diakses di Aplikasi PeduliLindungi

Anton bercerita awal mula dirinya tertarik dengan bisnis kerajinan ini karena melihat pohon bambu di rumahnya tak dimanfaatkan dengan baik. Sehingga tercetus idenya untuk membuat mainan lokomotif kereta api dari bambu untuk buah hatinya.

Hanya belajar lewat Youtube, dia belajar membuat kerajinan bambu lokomotif kereta api yang kini mengantarkan dia menjadi pengusaha sukses di daerahnya.

Baca Juga:  Konsumsi Makanan Sehat Ini Sebelum dan Sesudah Vaksin Covid

“Saya merintis usaha sekitar 2018, belum lama juga. Karena di rumah juga punya pohon bambu daripada sayang cuma buat memasak dan enggak begitu terpakai akhirnya coba-coba. Bikin kerajinan dan juga pengin buatin anak mainan lokomotif kereta,” cerita dia kepada Solopos.com, Senin (9/8/2021).

Usaha yang ia geluti selama tiga tahun ini akhirnya membuahkan hasil. Ayah dari satu orang putra ini berhasil memasarkan produknya ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Bandung, Bali, dan Jakarta. Bahkan ada pula pemasok yang juga mengirimkannya ke Amerika Serikat.

Baca Juga:  Bangunan Bersejarah di Solo Ini Jadi Saksi Bisu Kemerdekaan Indonesia

“Pemasaran ke Bali, Jakarta sama Bandung. Ada yang dijual lagi dan ada pembeli langsung. Kebanyakan luar kota, untuk lokalan di kabupaten masih sedikit. Di Solo juga ada tapo kirimnya ke luar negeri, ke Amerika, kemudian ke India juga,” beber pria berusia 35 tahun itu.

Aneka Kerajinan Bambu dari Anton

Produk kerajinan bambu yang ia buat hasil belajar dari Youtube itu memiliki beragam jenis. Beberapa di antaranya, termos, cangkir, sendok dan garpu, dan lain sebagainya.

Tapi untuk saat ini, Anton mengaku yang paling diminati pelanggan, produk gelas dan termosnya.

Baca Juga:  Cara Mengurus KTP Hilang dan Rusak, Mudah dan Tak Usah Panik ya!

Dari usahanya ini, Anton kini juga bisa memberdayakan masyarakat sekitar untuk membantu dia membuat kerajinan bambu yang awalnya belajar lewat Youtube ini.

“Termos dan cangkir paling laku, tapi untuk saat ini pre order. Kalau untuk saat ini ada saudara diajak bekerja. Kalau untuk orderan 10-20 ada 1 orang. Tapi pernah 100-150, saya ajak pemuda desa yang mau bantu kerja sama di kerajinan ini,” terang dia.

Baca Juga: Wah Ada Candi Putih di Tengah Kota Solo, Kamu Tahu?

Untuk harganya sendiri, produk yang dibikin Anton berkisar Rp6.000 hingga Rp100.000. Tapi, khusus untuk lokomotif kereta api, ia memasang tarif Rp600.000. Dengan harga tersebut, ia berhasil meraup pendapatan hingga Rp1,5 juta per bulan.

Pada kesempatan itu, Anton mengaku bersyukur bisa menjalani bisnis kerajinan bambu Projectbamboo ini dengan baik, meski pandemi Covid-19 masih menyelimut Tanah Air.

Baca Juga:  Isi Surat Perjanjian Nikah Rizky Billar dan Lesti Kejora, Nomor 5 Soal Ranjang!

“Alhamdulillah, saya tidak penrah berpikir sejauh dari ini. Dulu pikir dulu bikin buat mainan anak, eh kok banyak yang minat. Terus orderan banyak konsumen cocok. Kalau ide-ide baru dari konsumen saya terima,” pungkas dia.

Baca Juga:  Masih Ngekel, Apa sih Penyebab Batuk Pasca Sembuh Covid-19?

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tok! Hanya Naik Rp10.299, UMK 2023 Boyolali Diusulkan Rp2,1 Juta

      Upah Minimum Kabupaten (UMK) Boyolali pada 2023 diusulkan sebesar Rp2.155.712,29.

      Percepatan Pemulihan Pascapandemi Jadi Tema ISETH ke-8 UMS

      Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan menyelenggarakan International Summit on Science, Technology, and Humanity (ISETH) pada Senin-Selasa (5-6/12/2022) mendatang.

      UMK 2023 Klaten Diusulkan Naik 6,78%, Jadi Rp2,1 Juta

      Nilai upah minimum kabupaten (UMK) 2023 Klaten diusulkan Rp2.152.322,94 atau naik sekitar 6,78 persen dibandingkan UMK 2022.

      Gending Bertema Persis Solo akan Dibawakan saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo mempersiapkan gending (lagu dari gamelan) bertema Persis Solo dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Pidato Tuntas Subagyo saat DBLA di Purbayan Sukoharjo Membius Ribuan Orang

      Pidato Pendiri sekaligus Ketua Umum Dewan Pembina YSNW, Tuntas Subagyo, membius 6.000-an anggota organisasi itu saat DBLA di Desa Purbayan, Baki, Kabupaten Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      ISI Solo Siapkan 2 Grup Karawitan di Pernikahan Kaesang-Erina

      Dua grup karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo akan tampil dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

      Tanpa Dukungan Penuh Pemkab, Wonogiri Sulit Capai Target Bebas AIDS Tahun 2030

      Target bebas acquired immune deficiency syndrome (AIDS) pada 2030 di Wonogiri sulit tercapai jika tidak ada dukungan serius dari Pemkab setempat.

      Fakta-Fakta Penangkapan Terduga Teroris di Sukoharjo Pada Kamis Pagi

      Fakta-fakta penangkapan terduga teroris di empat lokasi wilayah Kabupaten Sragen, Kamis (1/12/2022).

      Sudah 40 Persen, DPU BMCK Jateng Hentikan Pekerjaan Jembatan Ganefo Sragen

      DPU BMCK Jateng menghentikan kontrak pembangunan Jembatan Ganefo Sragen. Penghentian proyek tersebut disebabkan adanya revisi desain bawah jembatan.

      Menjelajahi Geopark Dunia di 7 Geosite Wonogiri

      Wonogiri menyimpan keindahan situs taman Bumi yang indah serta kekayaan arkeologi di zaman purbakala.

      Membeludak! Ribuan Orang Ikut Doa Bersama Lintas Agama di Purbayan Sukoharjo

      Ribuan orang anggota organisasi dan tamu undangan Tuntas Subagyo dari berbagai daerah memadati Taman Ratu Maulidya di Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo, pada Jumat (2/12/2022).

      Truk Uruk Tol Solo-Jogja Terguling di Ceper Klaten, Tak Ada Korban Jiwa

      Kecelakaan lalu lintas melibatkan satu unit mobil dan satu unit truk terjadi di ruas jalan Ceper-Besole, Desa Ceper, Kecamatan Ceper, Jumat (2/12/2022) sore.

      Pelat Baja Diganti Baru, Getaran di Jembatan Mojo Berkurang Drastis

      Penggantian pelat jembatan dengan sistem baja ortotropik di Jembatan Mojo bertujuan menambah ketahanan terhadap beban kendaraan bermotor.

      Tenyata Ada 2 Warga Pendatang yang Pernah Ditangkap Densus 88 di Ngruki RT 01

      Tercatat ada dua warga pendatang di Dukuh Ngruki RT 01/RW 16, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo yang pernah ditangkap Densus 88 Antiteror.

      Penanggulangan HIV di Wonogiri Masih Terkendala Stigmatisasi

      Penanggulangan human immunodeficiency virus/acquired immune deficiency syndrome (HIV/AIDS) di Wonogiri masih terhalang stigmatisasi.