SOLOPOS.COM - Warga mengikuti rapid test antigen gratis di PMI Klaten, Jumat (2/4/2021). (Istimewa-dok. PMI Klaten)

Solopos.com, KLATEN -- Palang Merah Indonesia atau PMI Klaten memberikan pelayanan gratis berupa rapid test antigen bagi warga yang berada di zona merah Covid-19.

Hal itu menjadi upaya PMI Klaten membantu pemerintah dalam melakukan screening warga di zona merah Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, rapid test antigen yang dilakukan PMI Klaten merupakan dukungan kegiatan dari PMI pusat.

Baca juga: Buta Huruf dan Putus Sekolah, Warga Klaten Ini Jadi Pengusaha Top Punya 30 Karyawan

Rencananya, rapid test antigen dilangsungkan selama empat kali, yakni 30 Maret 2021, 2 April 2021, 6 April 2021, dan 9 April 2021. Sasaran warga yang menjalani rapid test antigen, di antaranya karyawan pabrik, pedagang, dan warga di daerah zona merah Covid-19.

"Ini dukungan dari PMI pusat dan Philip Foundation. Screening dilakukan di wilayah yang berada di zona merah Covid-19. Warga yang aktivitasnya banyak (mobilitas tinggi), memiliki riwayat kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di waktu sebelumnya, dan karyawan pabrik yang berisiko tinggi (driver dan sales)," kata salah seorang pengurus PMI Klaten, Andi Markoco, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (2/4/2021).

Respons Masyarakat Sangat Baik

Hal senada dijelaskan Kepala Unit Pelayanan Kesehatan (UPK) Klinik PMI Klaten, Erlina Puspitasari. Menurutnya, respons masyarakat mengikuti kegiatan screening gratis PMI Klaten dinilai sangat baik.

"Target kami mencapai 70 orang [Jumat lalu]. Tapi, jumlah pendaftar mencapai 80 orang. Antusias masyarakat sangat tinggi," katanya.

Baca juga: Remaja Klaten Meninggal Seusai Latihan Silat Tak Pernah Mengeluh Sakit

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Bersinar masih terus terjadi penambahan.

Dia menjelaskan di 26 kecamatan di Klaten masih terdapat kasus terkonfirmasi Covid-19.

"Hingga Minggu (4/4/2021), jumlah kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 6.766 kasus. Sebanyak 387 menjalani perawatan/isolasi mandiri. Sebanyak 5.926 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 453 orang meninggal dunia," katanya.

Baca juga: Bekas Koplak Andong di Delanggu Klaten Disulap Jadi Selter Kuliner

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya