SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Peserta tes kompetensi dasar (TKD) seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Madiun yang lolos hanya 137 orang. Padahal, jumlah peserta TKD CPNS Kabupaten Madiun sebanyak 2.897 orang.

Dari 137 peserta yang lolos TKD terdiri dari formasi honorer sebanyak dua orang, formasi cumlaude sebanyak dua orang, guru sebanyak 32 orang, medis sebanyak 37 orang, dan tenaga teknis sebanyak 65 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun, Tontro Pahlawanto, mengatakan Kabupaten Madiun dalam seleksi CPNS tahun 2018 mendapatkan jatah formasi sebanyak 349. Dari jatah ini, paling banyak yaitu formasi tenaga pendidikan sebanyak 187 posisi.

Dia menuturkan jumlah peserta TKD menggunakan sistem CAT sebanyak 2.897 orang. Mereka telah mengikuti TKD di Asrama Haji Kota Madiun selama tiga hari pada Sabtu-Senin (3-5/11/2018).

“Tes CPNS untuk Kabupaten Madiun telah berjalan lancar dan baik. Saya justru mengkhawatirkan hasil tesnya. Hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Dari 349 formasi yang ada, hanya ada 137 peserta yang lolos TKD,” kata dia di Pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun di Mejayan, Jumat (9/11/2018).

Menurut Tontro, dengan hasil tes ini tentu banyak formasi yang tidak terpenuhi. Sehingga rekrutmen CPNS ini tidak mampu menutupi kebutuhan kekurangan CPNS yang ada di Pemkab Madiun.

Para peserta yang telah lolos TKD ini, ujar dia, nantinya juga akan mengikuti tes kompetensi bidang. Diperkirakan tidak seluruh peserta yang telah lolos TKD akan lolos TKB.

“Nanti habis ini kan ada tes kompetensi bidang. Saya yakin hanya separuh saja yang lolos TKB,” ujar Tontro.

Lebih lanjut, kebutuhan untuk tenaga kesehatan dan pendidikan ini sangat penting. Karena tenaga mereka sangat dibutuhkan untuk menunjang pelayanan di Pemkab Madiun.

Dia menyebut sebagian besar peserta CPNS memang terganjal dengan nilai di tes karakteristik pribadi (TKP). TKP sendiri merupakan salah satu komponen yang harus dipenuhi dalam TKD. Poin yang harus dipenuhi untuk TKP formasi umum yaitu 143. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya