Cukup Simpel, Begini Langkah-Langkah Isi Sensus Penduduk Online 2020
ilustrasi sensus penduduk online 2020 (freepik)

Solopos.com, SOLO - Pemerintah sudah memulai program Sensus Penduduk Online (SPO) 2020 sejak Sabtu (15/2/2020).  Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Sensus Penduduk 2020 merupakan sensus penduduk yang ke-7. Sensus ini merupakan mandat dari Undang-undang serta rekomendasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dengan menggunakan metode kombinasi, menurut Menko PMK, sensus penduduk 2020 diharapkan menghasilkan data yang kridibel dan valid. Dapat menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk (fertilitas, mortalitas, dan migrasi) serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator Sustainable Development Goal's (SDGs).

Selain itu, data Hasil Sensus Penduduk 2020 diharapkan mampu menjadi instrumen untuk evaluasi pembangunan: RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) dan SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) dan perencanaan berbagai bidang.

Namun bagi Anda yang belum mengisi, tak perlu khawatir. Anda masih memiliki waktu hingga 31 Maret mendatang untuk ikut berpartisipasi dalam sensus ini.  Sebelum mengisi, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat. Pertama, waktu pengisian per orang rata-rata 5 menit. Kemudian siapkan Kartu Keluarga/KTP/buku nikah/dokumen cerai/surat keterangan kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan. Ketiga, apabila ingin menyimpan data sementara, silakan tekan tombol 'simpan sementara'.

Berikut langkah-langkah pengisian sensus penduduk secara online 2020:

1. Setelah menyiapkan dokumen yang diperlukan, masuklah ke laman sensus.bps.go.id untuk mengakses laman Sensus Penduduk Online (SPO) 2020

2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK)

3. Klik kotak kosong pada captcha lalu klik "Cek Keberadaan"

4. Jika kali pertama melakukan akses pada SPO, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai, lalu klik "Buat Password". Masukkan kata sandi yang telah dibuat, lalu klik "Masuk"

5. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SPO, lalu klik "Mulai Mengisi". Pilihlah bahasa yang paling dikuasai

6. Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya

7 .Pada halaman pertama Anda diminta mengisikan alamat tinggal keluarga saat ini, seperti provinsi, kota atau kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan, RT/RW dan nama jalan dan nomor rumah.

8. Kemudian halaman selanjutnya Anda diminta untuk mengisikan keterangan data mengenai kondisi tempat tinggal Anda saat ini.

9. Selanjutnya Anda diminta mengisikan data keluarga satu persatu berurutan dimulai dari kepala keluarga, istri, anak atau anggota lainnya.

10. Kemudian Anda diminta mengisikan data tentang aktivitas sehari-hari.

11. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol "Kirim"

12. Unduh atau kirimkan bukti pengisian pada email anda dengan terlebih dahulu mengisikan alamat email

Dijamin Kerahasiannya

Setiap anggota keluarga yang terdaftar di dalam Kartu Keluarga bisa mengisi sensus penduduk online. Bagi Anda yang baru pertama kali membuka portal, akan dimintai untuk membuat kata sandi atau password. Bagi Anda yang sudah pernah login sebelumnya, Anda cukup memasukkan kata sandi saja. Saat mengisi data sensus, jika Anda ingin menyimpan data sementara maka Anda harus menekan tombol 'Simpan Sementara'.

Informasi yang Anda sampaikan nantinya dijamin kerahasiaannya oleh BPS berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Bagi seluruh warga negara Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi membantu pemerintah dalam mendata informasi kependudukan.

Jika belum mengisi sensus penduduk secara online, Anda akan didatangi petugas sensus pada 1-31 Juli 2020 untuk tahap pendataan secara manual. Hal ini salah satunya dimaksudkan untuk mengantisipasi para orang tua yang belum melek teknologi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho