Cukai Naik pada 2022, Pekerja Industri Rokok Waswas Kena PHK

Para pekerja pelinting dari industri sigaret kretek tangan (SKT) meminta pemerintah agar melindungi segmen padat karya yang menjadi sumber mata pencaharian mereka.

 Ilustrasi buruh linting rokok di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi buruh linting rokok di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Solopos.com, JAKARTA — Para pekerja pelinting dari industri sigaret kretek tangan (SKT) meminta pemerintah agar melindungi segmen padat karya yang menjadi sumber mata pencaharian mereka.

PromosiTerburu-Buru Menuju Bonus Sambal Terong

Hal ini menyusul munculnya kekhawatiran pekerja SKT akan kehilangan pekerjaan ketika cukai rokok linting naik pada 2022.

Ketua Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM-SPSI) Sudarto mengatakan, puluhan ribu pekerja SKT sudah mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) selama 10 tahun terakhir. Di luar serikat pekerja, dia memprediksi masih banyak lagi jumlah pekerja yang terdampak.

“Sekarang ini, jumlah anggota RTMM-SPSI adalah sekitar 243 ribu orang. Lebih dari 153 ribu orang bekerja di industri rokok, yang 60 persen adalah pekerja di SKT,” katanya, Jumat (3/12/2021) seperti dilansir Liputan6.

Baca Juga: Kunci Sukses Making Indonesia 4.0 Butuh Lima Aspek Teknologi, Apa Saja?

Pihaknya sangat berharap agar pemerintah dapat berbelas kasihan terhadap para pekerja SKT ini.

“Kami memohon kepada pemerintah, mohon bantu agar pekerja di sektor padat karya tetap bisa bekerja di masa pandemi, dengan cara tidak menaikkan cukai SKT pada 2022,” kata Sudarto.

Kenaikan cukai SKT, kata Sudarto, merupakan salah satu pemicu PHK di industri SKT. Itulah sebabnya dia berharap agar tahun depan pemerintah dapat mempertimbangkan kembali kondisi tersebut, khususnya karena pekerja SKT kebanyakan adalah perempuan dengan pendidikan yang terbatas.

Baca Juga: Lebihi Target 2021, UMKM Pengguna QRIS Capai 13 Juta

Di sisi lain, Pengamat Ketenagakerjaan Payaman Simanjuntak menyampaikan keputusan kebijakan kenaikan cukai tembakau jangan sampai membuat sektor padat karya terkena dampak yang bertubi-tubi setelah terpuruk dari dampak pandemi Covid-19.

“Jangan sampai ada dampak yang terlalu besar, yakni PHK akibat kebijakan tersebut. Pemerintah sebaiknya mempertimbangkan itu,” terang Payaman.

Kebijakan yang tepat berupa tidak menaikkan tarif cukai SKT pada 2022 dapat membuat padat karya ini bertahan di tengah masa Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Dia khawatir, jika cukai SKT dinaikkan akan memicu banyak pengangguran di daerah.

“Sektor padat karya seperti di IHT dan sigaret keretek tangan itu cukup menyumbang tenaga kerja yang banyak. Jika kenaikan cukai itu tinggi akan berdampak terhadap industri yang secara efeknya bisa mengurangi tenaga kerja,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Berita Terkini

Persaingan Live Shopping Kian Sengit, E-Commerce Mana Paling Diminati?

Pendekatan live shopping menggunakan paltform media sosial diprediksi mengalami peningkatan ke depan dan akan makin banyak diadopsi oleh penyedia platform media sosial.

Buka 6 Cabang, Burjo Ambucuy Raih Omzet Puluhan Juta Rupiah Per Bulan

Warung makan yang buka 24 jam ini juga sering menjadi tempat mahasiswa atau pelajar untuk mengerjakan tugas. Oleh karena itu, burjo sering ditemui di kawasan sekitar sekolah dan kampus.

Live Shopping Tingkatkan Kunjungan Toko Online 200 Kali Lipat Lebih

Strategi live shopping yang diadopsi oleh para e-commerce, diklaim mampu tingkatkan kunjungan toko para mitra.

Tanoto Foundation Kukuhkan 172 Mahasiswa Penerima Beasiswa TELADAN

Tanoto Foundation sangat peduli dengan upaya peningkatan kapasitas kepemimpinan di kalangan generasi muda melalui program Beasiswa TELADAN.

Mantap! BRI Berikan Beasiswa Kuliah S2 untuk 36 Wartawan

Sebanyak 972 wartawan dari seluruh Indonesia mendaftarkan diri dalam ajang BRI Fellowship Journalism yaitu beasiswa kuliah S2 di PTN.

Jalan Putus Seusai Longsor, PLN Cepat Pulihkan Listrik di Pekalongan

Pascabencana longsor di Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, PLN segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan BPBD untuk mempercepat pemulihan aliran listrik.

Penting Bagi Investor Pemula, Ini 6 Cara Main Saham dengan Modal Kecil

Investasi saham terbukti menjadi jenis investasi yang cukup mudah dan membutuhkan modal kecil. Jika Anda paham, berinvestasi di saham dengan modal kecil sangatlah mudah.

Rebound Gaes! Cek Harga Emas di Pegadaian, Rabu 26 Januari 2022

Pergerakan Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada hari ini, Rabu (26/1/2022) terpantau naik tipis untuk emas Antam dan UBS ukuran tertentu.

Indosat Ooredoo Hutchison Jadi Pemain Penting Ekosistem 5G Indonesia

Indosat Ooredoo Hutchison akan membawa visi, Menjadi Perusahaan Telekomunikasi Digital yang Paling Dipilih di Indonesia.

Rusia Melarang Bitcoin, Bagaimana Nasib Bitcoin?

Informasi ataupun berita mengenai Bitcoin itu memang selalu menarik untuk dibaca dan juga biasanya banyak sekali orang yang mencarinya.

Kemenkeu Blokir Sementara Rp39,71 Triliun Belanja K/L, Kenapa ?

Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata memblokir sementara anggaran belanja kementerian dan lembaga (K/L) senilai Rp39,71 triliun.

Hari Gizi Nasional, Ini Cara BRI Ikut Cegah Stunting di Indonesia

Ini merupakan bentuk kepedulian BRI bagi generasi penerus bangsa sekaligus membantu pemerintah dalam memerangi stunting di Indonesia.

Pemerintah Pertimbangkan Naikkan Tarif Listrik Nonsubsidi, Mulai Kapan?

Pemerintah akan mempertimbangkan untuk menyesuaikan tarif dasar listrik terhadap 13 golongan pelanggan nonsubsidi pada pertengahan tahun ini.

Dapat Alokasi Anggaran Rp1,13 Triliun, Renovasi TMII Meliputi Apa Saja?

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengalokasikan Rp1,13 triliun untuk renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Siap Jadi Ikon, Harta Karun Peninggalan Soekarno di Sarinah Dipoles

Pada saat awal proses pemugaran, Tim BUMN tak disangka menemukan relief peninggalan proklamator sekaligus Presiden Pertama RI, Soekarno.