Cuekin Gubernur Ganjar Saat Kunjungan ke Kendal, Mendagri Minta Maaf

Mendagri Tito Karnavian mencuekin Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, yang mengenakan pakaian adat dan bermasker saat kunjungan ke Kendal.

 Tangkapan layar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menyambut kedatangan Mendagri, Tito Karnavian, di Kendal. (Instagram@ganjar_pranowo)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menyambut kedatangan Mendagri, Tito Karnavian, di Kendal. (Instagram@ganjar_pranowo)

Solopos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, kembali menyita perhatian publik. Kali ini karena kejadian saat dia ‘dicuekin’ Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

Kejadian itu terjadi saat Gubernur Ganjar menyambut kedatangan Mendagri di Kabupaten Kendal, Kamis (30/7/2021). Ganjar yang mengenakan masker dan pakaian adat Sumatra pun membuat Mendagri tidak mengenalinya.

Mantan Kapolri itu bahkan tidak mengubris salam Ganjar yang menyambut langsung kedatangannya di depan pintu masuk gedung. Tito hanya menyapa Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, yang berdiri bersebelahan dengan Ganjar.

Baca Juga: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Akui Sulit Terapkan Pembatasan 20 Menit Makan di Tempat

Tito juga melakukan adu kepalan, sebagai alternatif salaman pada masa pandemi dengan Bupati Dico dan beberapa pejabat lain. Sedangkan dengan Ganjar, Tito hanya memberikan salam namaste, atau mengatupkan kedua tangan di depan dada.

Namun, saat memberikan pidato sambutan Mendagri pun mengucapkan permintaan maaf ke Guberur Ganjar. Ia tidak tahu jika orang yang menyambutnya dengan pakaian adat itu adalah orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

“Saya mohon maaf betul tadi, waktu berdiri masuk yang saya perhatikan betul hanya Bupati. Sebelah Bupati, ada yang pakai pakaian adat, kalau di Jakarta abang-none Jakarta, saya pikir itu abangnya bupati Kendal. Kalau di sini namanya apa? Biasanya kepala daerah kalau ada tamu datang kan dikasih pasangan itu. Sampai saya ke toilet baru ngeh, itu pak Ganjar. Tapi, memang beliau cocok jadi abangnya [mas Jateng]. Jangankan kelas Kendal, kelas Jateng masih cocok. Beliau awet muda, ganteng, tinggi,” ujar Tito yang disambut gelak tawa tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.

Bacca Juga: Warga Wadas Purworejo Gugat Ganjar Pranowo ke PTUN Terkait Pembangunan Bendungan Bener

Reaksi Netizen

Ganjar sebenarnya bukan berniat membuat Mendagri pangling dengan penampilannya yang mengenakan pakaian adat. Setiap hari Kamis, ia memang mewajibkan seluruh jajaran ASN Pemprov Jateng, termasuk dirinya mengenakan pakaian adat.

Kejadian ini pun terekam dalam sebuah video dan diunggah Gubernur Ganjar di akun Instagram pribadinya di @ganjar_pranowo. Selang empat jam diunggah, video tersebut sudah dilihat sebanyak 352.710 kali.

sehat terus Pak Mendagri …. Eh tapi cocok gak ya jadi @masmbakjateng ? ??,” tulis Ganjar dalam unggahannya.

Video yang diunggah Ganjar itu juga mematik respons dari netizen. Banyak yang menilai Ganjar memang layak mengenakan pakaian adat dan tidak kalah dengan Sinang Kendal, sebutan bagi Duta Wisata Kendal.

Baca Juga: Seluruh Exit Tol Jateng Ditutup, Ganjar: Ini Bukan Lockdown

MasyaAllah Pak @ganjar_pranowo ,” akun @chafrederica milik istri Bupati Kendal.

Tapi Keren Loh, Pak Tito smpe minta Maaf, Akibat tdk Mengenali Mas Ganjar, wkwk??????…..,” sambung akun @italintar.

Mesem saya pak. Memang kelihatan auranya pak Ganjar positif, jadi terlihat muda terus. Sehat terus nggeh bapak. Aamiiin….,” ujar akun @yusmiawidiastuti.

Betul kata pak Tito.. gubernur Jawa tengah awet muda. Ganteng, tinggi, udah seperti Abang Jakarta. Sehat selalu pak Ganjar Pranowo??,” tulis akun @rini_hakim2002.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by
Ganjar Pranowo (@ganjar_pranowo)

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

Gelar JDC 2021, AMSI Jateng Ingin Tahu Arah Dunia Digital ke Depan

JDC 2021 merupakan salah satu sumbangsih AMSI Jawa Tengah untuk bicara terkait seperti apa arah industri digital ke depan.

Achmad Husein, Bupati Banyumas yang Dapat Gelar Pangeran dari Keraton Solo

Achmad Husein adalah Bupati Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang mendapatkan gelar Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Adipati Purbowinoto dari Kesunanan Surakarta.

Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Cilacap, Presiden Jokowi Ingatkan Warga Taat Prokes

Presiden Jokowi mengingatkan warga tetap menerapkan protokol kesehatan meskipun telah mengikuti vaksinasi Covid-19.

Waduh! 9 Daerah di Jateng Endemis Penyakit Kaki Gajah, 6 di Pantura

Sembilan kota dan kabupaten di Jawa Tengah tercatat menjadi daerah endemis filariasis atau dikenal sebagai penyakit kaki gajah.

Banyak Anak Jateng yang Jadi Yatim Piatu Akibat Covid-19, Jumlahnya Bikin Sedih

Perlu adanya sinergi berbagai potensi masyarakat untuk menyelamatkan masa depan anak-anak terdampak Covid-19.

Guru dan Siswa Terpapar Covid-19, 8 SD-SMA di Blora Batal PTM

Kasus di delapan sekolah di Blora itu bukan merupakan klaster penyebaran Covid-19, karena ditemukan saat screening sebelum PTM.

Petani Jambu Air Di Grobogan Ini Namanya Mirip Nama Penyanyi Indonesia

Pembeli datang ke kebun jambu air di Desa Watupawon, Kecamatan Penawangan, Grobogan, petik langsung sambil selfi atau swafoto.

Ini Lho, Bandar Arisan Online Salatiga Tertangkap

Bandar arisan di Salatiga yang dicari karena membawa kabur uang hingga miliaran rupiah milik peserta akhirnya ditangkap polisi.

Unik! Kuliner Soto Bancar Khas Purbalingga Topping Bakso & Saus Kacang

Kuliner khas Purbalingga berupa Soto Bancar memiliki keunikan dengan sajian soto lainnya, yakni tambahan saus kacang, bakso, dan kerupuk merah putih dalam penyajiannya.

UKSW dan TNI Gelar Vaksinasi Massal Bagi Pelajar dan Masyarakat Umum

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kerja sama dengan TNI Komando Daerah Militer IV/Diponegoro menggelar vaksinasi massal di Balairung Universitas

Ganjar Pranowo Emoh Mikir Jadi Capres: Pilpres Urusan Bu Mega

Ganjar Pranowo menegaskan bahwa urusan capres pada Pilpres 2024 merupakan kewenangan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP.

Idza Priyanti, Mantan Dirut Perusahaan Transportasi Tegal yang Kini Jadi Bupati Brebes

Idza merupakan wanita kelahiran Tegal, 9 Januari 1971. Dirinya merupakan Bupati petahana yang memimpin salah satu kabupaten di kawasan pantai utara (pantura) Jawa Tengah sejak 2012.

Ini Daftar Objek Wisata di Jateng yang Wajib Tunjukkan Aplikasi PeduliLindungi

Sudah ada 4 destinasi wisata di Jateng yang mewajibkan wisatawan yang berkunjung menerapkan aplikasi PeduliLindungi.

Bandel Buang Limbah di Bengawan Solo, 31 Perusahaan Kena Sanksi

Sanksi administrasi karena terbukti masih membuang limbah yang tidak memenuhi baku mutu di aliran Sungai Bengawan Solo.

Sakti! Bakul Gorengan di Magelang Ini Balik Masakannya Dengan Tangan

Seirabg penjual gorengan di Magelang mendadak viral setelah aksinya membalik masakannya dengan tangan kosong.

Baznas Banjarnegara Kembali Serahkan Bantuan untuk Masyarakat Rp773 Juta

Pada penyaluran dana kali ini untuk bantuan fakir miskin, menyasar 58 desa yang masuk kategori tertinggal. Per desa dipilih 10 orang sehingga total 580 orang.