Cucu Perdana Menteri Pertama Singapura Lee Kuan Yew, Li Huan Wu (kiri), menikah dengan kekasihnya, Heng Yirui (kanan). (Instagram-@hengyirui)

Solopos.com, CAPE TOWN — Cucu Perdana Menteri Pertama Singapura Lee Kuan Yew, Li Huan Wu, menikahi kekasihnya yang sesama jenis dengannya, Heng Yirui, di Cape Town, Afrika Selatan (Afsel), Jumat (24/5/2019). Li Huan Wu atau yang akrab disapa Harry Lee merupakan salah satu dari tujuh cucu Lee Kuan Yew.

Kemesraan pasangan sesama jenis yang menikah itu kemudian menjadi buah bibir setelah foto-fotonya tersebar di media sosial. Kekasih Lee, Heng Yirui, dengan bangga mengumumkan pernikahannya dengan cucu PM pertama Singapura tersebut di akun Instagramnya, @hengyirui.

"Hari ini aku menikahi kekasihku. Menatap ke depan untuk mengabadikan momen seperti ini," tulis Yirui.

Sementara itu, ayah Lee, Lee Hsien, yang yang merupakan putra kedua Lee Kuan Yew, dilaporkan menyambut hangat pernikahan putranya. Sebelum wafat pada 2015, Lee Kuan Yew pernah menyampaikan pandangannya mengenaia komunitas lesbian, gay, bisex, dan transgender (LGBT).

Dikutip dari South China Morning Post, Lee Kuan Yew menganggap LGBT memiliki perbedaan genetik. "Jadi, jika ada dua pria dan dua perempuan saling mencintai, biarkan mereka sendiri," ujar Lee pada 2011.

Di sisi lain, kabar pernikahan sesama jenis yang melibatkan cucu Lee Kuan Yew itu menjadi heboh di Singapura. Pasalnya, pemerinta Singapura hingga kini masih melarang hubungan seksual sejenis dan menganggapnya sebagai tindakan kriminal.

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, yang merupakan paman Harry Lee, mengutarakan pentingnya pasal tersebut mengingat masyarakat Singpaura adalah masyarakat konservatif. "Warga Singapura belum siap untuk berkompromi dengan kaum LGBT," ujarnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten