SOLOPOS.COM - Sejumlah pelayat menyempatkan melihat wajah Mbah Gotho untuk kali terakhir di rumah duka di Dusun Segeran RT 018, Desa Cemeng, Sambungmacan, Sragen, Senin (1/5/2017). (JIBI/Solopos/Moh. Khodiq Duhri)

Mbah Gotho sempat beranjak dari tempat tidurnya pada Minggu pagi namun ajal menjemput.

Solopos.com, SRAGEN — Ratusan pelayat memadati rumah duka Sodimoejo alias Mbah Gotho “Manusia Tertua di Dunia” di Dusun Segeran, RT 018, Desa Cemeng, Sambungmacan, Sragen, Senin (1/5/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Karangan bunga tanda duka cita dari Bupati Sragen dan Wakil Bupati Sragen terpampang di bagian depan rumah. Jasad Mbah Gotho terbujur kaku di dalam peti jenazah. Secara bergantian, para pelayat menyempatkan melihat wajah kakek yang telah mencapai suai 146 tahun itu untuk kali terakhir.

Cucu Mbah Gotho, Suryono, mengatakan tidak ada pesan terakhir yang disampaikan kakeknya. Pada Minggu (30/4/2017) pagi, Mbah Gotho sempat beranjak dari tidurnya. Dia sudah menapakkan kedua telapak kaki di lantai rumah.

“Dia ingin berdiri dan berjalan sendiri, namun tidak mampu. Setelah itu dia tidur lagi dengan kondisi lemas. Saat itu saya tidak sadar kalau ajal Mbah Gotho sudah tiba,” ujar Suryono kala ditemui wartawan di lokasi.

Mbah Gotho rencananya dimakamkan pukul 11.00 WIB di permakaman umum desa setempat. Lokasi permakaman itu hanya berjarak sekitar 300 meter dari rumah duka. Sepanjang hidupnya, kata Suryono, Mbah Gotho punya empat orang istri. Keempat istrinya itu sudah meninggal dunia.

Dari istri pertama dan kedua, Suryono tidak tahu punya berapa anak dan cucu. Dari istri ketiga dan kempat, Mbah Gotho punya lima anak. “Mbah Gotho punya 17 cucu, 12 cicit, 4 canggah. Semua dari istri ketiga dan keempat,” terang Suryono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya