SOLOPOS.COM - Ilustrasi sabun colek. (Pictagram)

Solopos.com, SOLO – Selain digunakan untuk mencuci piring, terkadang sabun colek dipakai membersihkan noda menempel di pakaian. Namun, ternyata penggunaan sabun colek selain untuk mencuci piring berbahaya.

Sabun colek memiliki formula khusus untuk mengangkat lemak dan kotoran di piring dengan cepat. Selain harganya murah, sabun colek mampu membersihkan kotoran di berbagai tempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akan tetapi, penggunaan sabun colek untuk keperluan lain seperti mencuci pakaian sangat tidak dianjurkan. Karena, sabun colek memiliki formula keras yang dikhawatirkan merusak serat kain.

Sejatinya, setiap sabun memiliki kegunaan tersendiri. Setiap sabun dibuat dengan formula khusus yang berbeda-beda, termasuk sabun colek. Oleh karena itu, tidak semua benda bisa dibersihkan dengan sabun colek.

Dikutip dari Boldksy, Sabtu (2/11/2019), penggunaan sabun colek untuk mencuci pakaian adalah tindakan yang salah. Sabun colek tidak memiliki formula yang sama dengan deterjen untuk menghilangkan noda pada pakaian.

Merusa  serat kain

Sabun colek dibuat dengan formula khusus untuk menghilangkan noda yang melekat pada benda logam, kaca maupun plastik. Penggunaan sabun colek untuk mencuci pakaian ini justru akan merusak serat kain. Noda pada pakaian paling aman dibersihkan dengan detergen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya