SOLOPOS.COM - Ilustrasi Cuaca ekstrem.(JIBI/Solopos/Dok.)

Cuaca ekstrem diprediksi berlangsung lama.

Harianjogja.com, JOGJA-Koordinator Pos Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY Joko Budiono mengatakan hujan disertai angin kencang masih akan berlangsung sampai April nanti. Diprediksi hujan akan terjadi pada siang hingga aore hari dengan potensi curah hujan wilayah utara dan tengah DIY lebih tinggi ketimbang wilayah selatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tingginya curah hujan disertai angin kencang ini menurut Joko disebabkan oleh tekanan rendah di baray daya pulau Jawa. Hal itu menyebabkan adanya oertemuan massa udara di atas DIY. Kondisi tersebut diperkuat dengan Suhu Muka Laut yang hangat.

“Karena itulah terjadi cuaca ekstrem di sekitar wilayah DIY, kami harap kewaspadaan ditingkatkan untuk menghindari dampak buruk cuaca ekstrem itu,” kata dia, Rabu (30/3/2016)

Sementara Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY Wahyu Pristiawan memastikan pihaknya saat ini sudah bersiaga di berbagai titik untuk memantau pos masing-masing saat terjadi hujan lebat. Dengan begitu mereka akan cepat melakukan penanggulangan dan evakuasi kala bencana terjadi.

“Jumlah relawan kami memadai karena sudah dilakukan rekrutmen sejak duabtahun lalu, mereka juga sudah dilengkapi dengan perlengkapan dan kemampuan untuk melakukan tindakan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya