SOLOPOS.COM - Ilustrasi gelombang tinggi di pantai. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Cuaca ekstrem masih terjadi di pantai selatan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Cuaca buruk perairan laut selatan membuat tujuh kapal nelayan asal Garut terpaksa bersandar di Pantai Baron, Desa Kemadang, Tanjungsari selama dua hari. Pendaratan darurat ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan laut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun Harian jogja.com, Senin (27/6/2016), ketujuh kapal nelayan Garut ini berencana menangkap ikan layur di perairan Pacitan, Jawa Timur. Namun sejak Sabtu (25/6/2016), kapal-kapal jukung ini terpaksa bersandar di Pantai Baron karena masalah cuaca.

Ekspedisi Mudik 2024

Angin yang kencang dan gelombang lautan yang tinggi membuat nelayan menghentikan perjalannannya menuju ke Pacitan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya laka laut.

“Pagi ini [kemarin] ketujuh kapal sudah berangkat ke Pacitan karena cuaca dianggap sudah kondusif,” kata Sekretaris Search and Rescue Satuan Perlindungan Masyarakat (SAR Satlinmas) Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto, Senin kemarin.

Untuk jumlah personel, Suris mengaku tidak tahu pasti karena setiap kapal terdiri dari tiga sampai empat awak. Selama di pendaratan darurat, para nelayan itu disambut baik oleh nelayan lokal. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa solidaritas antar nelayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya