Cuaca Ekstrem Terjang Karanganyar, Pohon Tumbang Timpa Satu Korban

Hujan deras disertai angin kencang di Karanganyar menyebabkan sejumlah pohon turus jalan di dua kecamatan tumbang. Salah satunya menimpa seorang warga hingga patah tulang.

 Petugas BPBD bersama sukarelawan mengevakuasi pohon tumbang di wilayah Karangpandan pada Sabtu (29/1/2022). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Petugas BPBD bersama sukarelawan mengevakuasi pohon tumbang di wilayah Karangpandan pada Sabtu (29/1/2022). (Istimewa)

Solopos.com KARANGANYAR — Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kembali menerjang wilayah Kabupaten Karanganyar pada Sabtu (29/1/2022). Kondisi itu mengakibatkan sejumlah pohon tumbang, salah satunya menimpa seorang warga. Korban yang mengalami luka-luka dibawa ke Puskesmas Karangpandan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, hujan deras disertai angin terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Kondisi ini mengakibatkan sejumlah pohon turus jalan tumbang. Di antaranya di wilayah Karangpandan dan Tasikmadu.

PromosiHarta Karun Wonoboyo Klaten, Temuan Timbunan Emas Terbesar Indonesia

Di Karangpandan, pohon tumbang menimpa pengguna jalan hingga mengakibatkan korban mengalami patah tulang tangan. Pohon tumbang juga terjadi di Gaum, Kecamatan Tasikmadu.

Baca Juga: Sebelum Tumbang, BPBD Sukoharjo dan Sukarelawan Pangkasi Pohon Tua

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama sukarelawan mengevakuasi pohon tumbang tersebut. Evakuasi difokuskan pada pohon yang tumbang menutup jalan.

Selain menumbangkan pohon, hujan deras juga mengakibatkan pagar kantor Desa Matesih ambrol. Tidak ada korban dalam kejadian ini.

“Saat ini kami masih menginventarisasi kerusakan baik pohon tumbang maupun rumah rusak. Sementara pohon tumbang menimpa rumah di Manggeh, Karanganyar dan di dekat SPBU Karangapandan. Ada satu korban luka ringan,” kata Kepala BPBD Karanganyar, Bagus Darmadi.

Dia mengingatkan warga untuk meningkatkan kewaspadaan pohon tumbang hingga bangunan ambruk saat hujan deras disertai angin kencang. Warga diminta tidak berteduh di bawah pohon maupun berada di dekat baliho atau papan reklame saat hujan deras. BPBD juga mengajak masyarakat untuk mulai memangkas dahan pohon yang rimbun kemudian mengecek bangunan rumahnya masing-masing.

Baca Juga: Diterjang Angin Kencang, Pohon Besar di Sukoharjo Tumbang

Lebih lanjut, Bagus mengatakan pihaknya mulai mendata pohon yang rawan tumbang terutama tanaman turus jalan. “Pohon turus jalan yang rawan tumbang beberapa kita tebangi dan diganti dengan seperti di Jalan Lawu,” tuturnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Buntut Tragedi Gas Bocor, 50 Pelaku UKM Mojosongo Solo Diberi Pelatihan

Setelah tragedi gas bocor yang mengakibatkan dua orang meninggal, warga dan pelaku UMKM Mojosongo, Solo, diikutkan pelatihan penanganan kebakaran dan bahaya api.

Pemkab Wonogiri Pantau Pasar Hewan untuk Cegah PMK, Ini Lokasinya?

Pemeriksaan hewan ternak di sejumlah pasar hewan di Kabupaten Wonogiri dimulai sejak, Selasa (10/5/2022). Dari total 2.936 hewan ternak yang diperiksa, tak satupun memiliki gejala penyakit mulut dan kuku (PMK).

Siap-Siap! Satpol PP Solo Bakal Operasi Tertibkan PKL, Ini Sasarannya

Satpol PP Solo akan melakukan operasi penertiban pedagang kaki lima atau PKL yang dianggap sudah semrawut di beberapa lokasi.

Pemkab Klaim Belum Ada Hewan Ternak Terinfeksi PMK di Wonogiri

Pemkab Wonogiri mengklaim belum menemukan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah setempat, Kamis (19/5/2022).

Arus Lalu Lintas di TKP Kecelakaan Penggung Boyolali Kembali Lancar

Pada Kamis sore, arus lalu lintas di Jalan Solo-Semarang kawasan Penggung Boyolali kembali lancar. 

2 Orang Meninggal, Begini Kronologi Tragedi Gas Bocor Mojosongo Solo

Tragedi tabung gas bocor di salah satu rumah warga yang juga untuk tempat usaha pembuatan tahu di Krajan, Mojosongo, Solo, mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

Keren Lur! WGM Wonogiri akan Dilengkapi Jembatan Kaca Rp4,20 Miliar

Revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri bakal menelan anggaran senilai Rp28,9 miliar.

Bawakan Lagu "Rahasia" di Unsa, Geisha dan Astrid Bikin Penonton Riuh

Acara Music Showcase Unsa yang digelar Universitas Surakarta (Unsa) berlangsung meriah. Terlebih saat Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta yang mengelola Unsa, Astrid Widayani, berduet dengan vokalis Geisha.

Adaptif dengan Perubahan, Universitas Surakarta Hadirkan Geisha

Universitas Surakarta (Unsa) menghadirkan grup band Geisha dalam acara Music Showcase Unsa pada Kamis (19/5/2022).

2 Sapi di Plupuh & Tanon yang Terindikasi PMK Dibeli dari 2 Wilayah Ini

Sapi warga Tanon dan Plupuh yang terindikasi terjangkit PMK sebelumnya dibeli dari Purwodadi, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Ngawi.

Revitalisasi WGM Wonogiri Telan Rp28,9 Miliar, Kapan Mulai Digarap?

Revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri bakal menelan anggaran senilai Rp28,9 miliar.

Awas, Teknofobia Bisa Hambat Kemajuan Bisnis Pelaku UMKM, Pahami Yuk! 

Teknofobia di kalangan pelaku UMKM harus dihilangkan karena bisa menghambat kemajuan bisnis dan usaha mereka terutama di era digital.

Bawa Produk Garmen, Bus Rosalia Express Masuk Parit di Karanganyar

Menghindari tabrakan, bus Rosalia Express yang mengangkut produk garmen masuk parit di jalan raya Dagen-Tasikmadu, Karanganyar.

Sepatu Aerostreet Klaten: Kualitas Internasional, Harganya Lokal

Kisah unik kali ini datang dari brand sepatu lokal asal Klaten, Aerostreet, yang menjual barang kualitas ekspor dengan harga murah.

Pilkades Baturan Colomadu Digelar 25 Mei, Ini Nama 3 Calon Kadesnya

Salah satu dari tiga calon kades Baturan, Colomadu, Karanganyar adalah pensiunan PNS.