SOLOPOS.COM - Ilustrasi pohon tumbang. (JIBI/Solopos.com/Dok.)

Cuaca ekstrem berupa angin kencang di Bantul dan DIY

Harianjogja.com, BANTUL — Lebih dari 25 titik pohon tumbang terjadi di Bantul saat angin kencang melanda sebagian wilayah DIY, Kamis (9/2/2017) sore lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : CUACA EKSTREM : Pohon Tumbang di 25 Titik Lebih Lokasi
Petugas keamanan ISI Yogyakarta Wadiya menjelaskan, pohon beringin setinggi lebih dari 40 meter roboh saat angin kencang bertiup, Kamis (10/2/2017) sore lalu. Saat itu, dirinya tengah bertugas jaga di Gedung Rektorat ISI Yogyakarta yang terletak tepat di sisi utara pohon beringin yang roboh itu.

“Waktu itu, hujan deras dan anginnya kencang sekali. Saya terkejut ada suara gemuruh. Tenyata pohon itu roboh,” kisahnya.

Beruntung, pohon beringin itu tidak menimpa gedung Perpustakaan Pusat ISI Yogyakarta yang berada beberapa sentimeter saja dari pohon itu. Dari pantauan Harian Jogja, pohon itu hanya menyebabkan rusaknya beberapa buah genteng bangunan Perpustakaan Pusat saja.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto mengakui sebaran titik pohon tumbang itu memang terbilang sangat banyak. Hanya saja, pihaknya hanya menangani titik-titik lokasi yang berdampak langsung pada objek vital. “Kalau total yang kami tangani ada 14 titik,” katanya.

menjelaskan, untuk penanganan darurat di 4 titik longsoran sekitar sungai. Keempat titik itu masing-masing adalah talut jembatan Beji Wetan dan jembatan Mangir (Pajangan), talut di kawasan Tilaman (Imogiri), dan talut di Desa Ngestiharjo (Kasihan).

Rencananya, anggaran itu akan diambilkannya dari sumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bantul melalui pos Biaya Tak Terduga (BTT). Usulan itu akan diajukannya mulai pekan depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya