SOLOPOS.COM - Sebuah pohon tumbang berdiameter 140 cm nyaris menutupi badan jalan setelah diterpa angin kencang dan hujan deras di jl Suroto, Kotabaru, Gondokusuman, Jogja tepatnya di depan Toko Buku Toga Mas Kota Baru, Kamis (9/2/2017). (Mayang Nova Lestari/JIBI/Harian Jogja)

Cuaca esktrem berupa hujan deras dan angin kencang menumbangkan sebuah pohon.

Harianjogja.com, JOGJA —  Sebuah pohon tumbang dengan diameter kurang lebih 140 cm nyaris menutupi badan jalan setelah diterpa angin kencang dan hujan deras di jl Suroto, Kotabaru, Gondokusuman, Jogja tepatnya di depan Toko Buku Toga Mas Kota Baru, Kamis (9/2/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut salah satu saksi mata, Daliyo satu pohon besar tersebut tumbang usai diterpa angin kencang pada sekitar pukul 16.00 wib.

Ekspedisi Mudik 2024

“Anginnya sangat kencang sekali tadi,” kata dia.

Ia pun sempat melihat ada percikan api yang muncul saat pohon tumbang, kebetulan pohon tersebut tumbang di di dekat kabel aliran listrik. Ketima tumbang suara yang ditimbulkan pun terdengar cukup keras.

Sementara itu Kepala BPBD DIY Krido Suprayitno yang turut hadir memantau evakuasi pohon tumbang di Jl Suroto Kotabaru mengatakan hingga pukul 17.30 WIB terdapat empat titik pohon tumbang. Yakni di Kotabaru,  pertigaan UIN, Alun-alun utara serta Parkir Ngabean.

“Kami bersama BPBD Kota dan Sleman bersama untuk mengeksekusi semua Kejadian pohon tumbang sore ini” kata dia.

Pihaknya mengatakan akhir-akhir ini memang masih sering terjadi hujan Deras disertai angin kencang mulai pukul 15.00 wib.sehingga ia berharap agar masyarakat terus waspada.  Diperkirakan kondisi tersebut masih terus berlangsung hingga 20 Februari mendatang.

Hingga saat ini proses evakuasi pohon tumbang masih berlangsung dengan mengerahkan sejumlah anggota Basarnas DIY, BLH DiY, Polsek Gondokusuman serta tokoh masyarakat setempat. Evakuasi diharapkan dapat selesai pukul 19.00 wib nanti. Sementara bekerjasama dengan pihak PLN untuk mematikan arus listrik.

Sementara ini arus kendaraan dari sisi utara dialihkan melalui jalur jalan suroto bagian barat untuk menuju ke arah selatan untuk menghindari kemacetan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya