SOLOPOS.COM - Sebuah pohon tumbang berdiameter 140 cm nyaris menutupi badan jalan setelah diterpa angin kencang dan hujan deras di jl Suroto, Kotabaru, Gondokusuman, Jogja tepatnya di depan Toko Buku Toga Mas Kota Baru, Kamis (9/2/2017). (Mayang Nova Lestari/JIBI/Harian Jogja)

Cuaca ekstrem di Jogja akan terjadi pada pertengahan Februari

Harianjogja.com, JOGJA-Hujan deras dan angin kencang masih akan terjadi di wilayah DIY. BMKG memperkirakan pertengahan Februari ini merupakan puncak musim penghujan.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

“Bulan ini masuk puncak musim penghujan, sehingga curah hujan masih tinggi,” ujar Kepala Pos Klimatologi Jogja, Djoko Budiyono, saat dihubungi Harianjogja.com, Kamis (9/2/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Djoko mengungkapkan dari segi dinamika atmosfer dan laut mendukung terjadinya hujan dengan kategori tinggi. Dia menjelaskan ada penguatan angin baratan di atas Pulau Jawa dan masih kuatnya aktivitas monsun.

Daerah bagian selatan Pulau Jawa, kata Djoko, merupakan daerah angin konvergensi sebagai akibat munculnya tekanan udara rendah dari barat Australia. “Selain itu, kelembaban udara di DIY juga masih tinggi yakni mencapai 80 persen. Kira-kira akan berlangsung seminggu ini,” jelas Djoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya