SOLOPOS.COM - Pintu masuk jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang, Tawangmangu, sebelum penerapan PPKM Darurat beberapa waktu lalu. (Istimewa/ Sukarelawan)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalur pendakian Gunung Lawu di wilayah Karanganyar belum ditutup meski cuaca ekstrem mengintai. Pendaki tetap diminta ekstra waspada atas berbagai kemungkinan terburuk.

Salah satu penjaga pos pintu masuk di jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang, Bambang, mengatakan hingga saat ini belum ada instruksi penutupan jalur pendakian. Di Karanganyar ada tiga jalur pendakian puncak Gunung Lawu. Yakni via Candi Cetho di Kecamatan Jenawi, via Tambak di Kecamatan Ngargoyoso, dan Cemoro Kandang di Kecamatan Tawangmangu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Meskipun jalur pendakian via Cemoro Sewu di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, ditutup sejak hari ini, tetapi sampai saat ini belum ada instruksi penutupan jalur pendakian dari wilayah Kabupaten Karanganyar, baik via Candi Cetho, via Tambak, maupun via Cemoro Kandang,” ujarnya, Senin (24/10/2022).

Ia menambahkan cuaca di puncak gunung sangat dingin. Pada malam hari bisa mencapai 4 derajat Celsius. “Siang hari kadang 14 derajat Celsius, itu di bawah. Kalau di puncak pagi [dini] hari bisa 4 derajat Celsius,” ujarnya.

Baca Juga: Salah Jalur, Lima Pendaki Tersesat di Gunung Guntur Garut Dievakuasi

Oleh sebab itu, pendaki via Kabupaten Karanganyar diminta waspada dan mengantisipasi terhadap kemungkinan buruk selama pendakian. Di antaranya mempersiapkan pakaian hangat dan menambah cadangan pakaian pengganti jika pendaki kehujanan.

“Jangan lupa bawa mantel atau jas hujan. Kemudian baju-baju ditambah, jadi kalau kehujanan bisa ganti baju yang kering. Dan kalau badan tidak fit, lebih baik tidak berangkat mendaki gunung,” imbaunya.

Di sisi lain, jumlah pendaki Gunung Lawu belakangan ini tidak banyak. Selama dua pekan terakhir ini, pada hari biasa sering kali hanya ada dua orang atau bahkan tidak sama sekali yang mendaki. Sedangkan pada akhir pekan paling banyak 20 orang.

Baca Juga: Pendakian Ke Gunung Lawu Lewat Cemoro Kandang dan Candi Cetho Sepi

“Pendaki juga sudah memperhitungkan risiko mendaki pada cuaca ekstrem seperti sekarang ini. Sehingga yang naik juga tidak banyak. Kadang malah tidak ada sama sekali,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Teguh Haryono, mengonfirmasi belum ditutupnya jalur pendakian. “Jalur pendakian via Candi Cetho, via Tambak, dan via Cemoro Kandang masih dibuka,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya