SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Cuaca ekstrem terjadi di Kulonprogo

Harianjogja.com, KULONPROGO  – Hujan deras sejak pukul 14.00 WIB mengakibatkan tujuh dari 12 kecamatan di Kabupaten Kulonprogo mengalami banjir dan tanah longsor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo Gusdi Hartono mengatakan tujuh kecamatan yang terkena bencana, yakni Kecamatan Wates, Temon, dan Panjatan area persawahan dan perumahan terendam banjir. Kemudian, Kecamatan Samigaluh, Pengasih dan Girimulyo terkena bencana tanah longsor.

“Berdasarkan informasi dan data sementara, tujuh kecamatan ini terkena bencana banjir dan tanah longsor. Hujan deras dengan intensitas tinggi mengguyur merata seluruh wilayah Kulonprogo,” kata Gusdi, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (18/6/2016).

Pihaknya sedang melakukan pemantauan lapangan, dan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Tagana sudah mulai mengidentifikasi lokasi yang dilanda banjir dan tanah longsor.

Selain itu, BPDB bekerja sama dengan TNI dan polisi memantau lokasi bencana dan memberikan penanganan darurat.

“Saat ini, kami masih memantau dan mengidentifikasi di lapangan. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalisir terjadinya korban jiwa,” kata Gusdi.

Untuk itu, ia mengimbau kepada warga menjauh dari lokasi longsor dan lokasi banjir. Saat ini, listrik padam, sehingga sangat berbahaya.

“Kami imbau kepada warga untuk menjauhi tempat-tempat yang membahayakan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya