SOLOPOS.COM - BPBD Kabupaten Bantun dibantu Koramil, Polsek, dan relawan saat membersihkan pohon tumbang yang menimpa gudang kayu jati di Dusun Jaranan, Kepanjen, Banguntapan, Bantul, Kamis (31/3/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)

Cuaca ekstrem mengakibatkan pohon tumbang parah di tiga titik

Harianjogja.com, BANTUL- Kamis pagi (31/3/2016) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul dibantu Koramil /05 Banguntapan, Polsek Banguntapan, dan dibantu relawan melakukan evakuasi pohon tumbang di tiga titik di sepanjang jalan Ringroad Timur Desa Ketandan hingga Jaranan, Kepanjen, Banguntapan, Bantul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hujan deras disertai angin yang terjadi pada Rabu (30/3/2016) sore menyebabkan beberapa pohon randu yang berukuran besar di pinggir jalan tersebut tumbang menimpa bangunan gudang dan warung milik warga.

BPBD Bantul Unit Pemadam, Tri Sulistyawan mengatakan tiga titik terparah di wilayah Banguntapan sudah mulai dibersihkan sejak Rabu malam kemudian dilanjutkan hingga Kamis pagi.

“Semalam kita fokus untuk menanggulangi korban, namun karena tidak ada korban di wilayah Banguntapan, kita mengevakuasi pohon tumbang yang mengenai badan jalan,” katanya.

Salah satu pemilik bangunan yang tertimpa pohon, Oksan Teodorus memaparkan bangunan miliknya yang tertimpa pohon meliputi gudang kayu jati dan sebagian kamar tidur di dalam rumah.

“Pohon munggur yang tumbang merobohkan gudang jati kayu dan mengenai sebagian kamar tidur dirumah, sebelum kejadian tersebut kami sekeluarga berada di bagian rumah lain yang jauh dari pohon-pohon besar tersebut, untuk kerugian kami belum bisa memperkirakan,” paparnya.

Sementara itu menurut data dari BPBD Kabupaten Bantul, di wilayah lain kerusakan lain akibat bencana angin ribut yang menyebabkan pohon tumbang terjadi di wilayah Sewon dan Pleret. Untuk seluruh jumlah total kerugian masih dalam proses perhitungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya