SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (JIBI/dok)

Harianjogja.com, SLEMAN–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memprediksi kemungkinan terjadinya angin puting beliung pada akhir Oktober hingga November 2013. Dua bulan ini merupakan masa pancaroba.

Kasi Data dan Informasi, Toni Wijaya mengimbau agar pengguna jalan waspada saat melintas di Jalan Ringroad. Sebab, kawasan tersebut menjadi zona pertemuan perbedaan suhu udara secara ekstrem.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Toni menambahkan, angin puting beliung terbentuk oleh dua gejala alam, yakni perbedaan suhu di permukaan bumi yang mencolok dan awan comulonimbus. Selain mengakibatkan angin puting beliung, kondisi tersebut bisa menimbulkan angin kencang horizontal.

“Data kami menunjukkan bahwa di wilayah DIY perbedaan suhu secara ekstrim terjadi di kawasan perbatasan antara kota dan desa. Atau antara lingkungan padat penduduk dan pemukiman dengan persawahan. Kira-kira di sekitar jalan Ringroad,” kata Toni saat dihubungi Harian Jogja, Kamis (24/10).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya