SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Hujan disertai angin kencang yang terjadi Senin (4/11/2013) sore merusak rumah Wono, 80, dan satu musala di Dusun Tegalsari, Desa Semin, Kecamatan Semin, Gunungkidul.

Kasi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Semin Sukamso mengatakan, bencana angin terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Hujan sempat mereda namun angin kencang merobohkan rumah Wono. Rumah berbentuk limasan 8X6 meter itu ambruk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau orangnya selamat karena saat angin kencang berada di rumah anaknya” kata dia, Selasa (5/11/2013)

Selain rumah Wono, atap Musala Al-Barokah yang terbuat dari asbes di dusun setempat juga beterbangan. Puluhan warga secara bersama-sama melakukan kerja bakti membetulkan rumah dan musala.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Budi Harjo mengaku sudah melakukan cek lokasi.

Menurut dia, ada beberapa rumah lainnya di Dusun Tegalsari yang gentengnya satu dua jatuh karena angin namun sudah diperbaiki warga.

Beberapa petugas BPBD juga dikerahkan untuk membantu kerjabakti memperbaiki rumah Wono. “Kami juga berikan bantuan logistik untuk proses kerja bakti” kata Budi.

Budi menambahkan, dalam beberapa bulan ke depan hujan dan angin masih mengancam. Dia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Pohon-pohon yang membahayakan jika tumbang agar segera dipangkas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya