SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca ekstrem. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Ciaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang dan petir berpotensi melanda Jawa Tengah (Jateng), dalam kurun tiga hari, Rabu-Jumat (16-18/11/2022).

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/11/2022), menyebutkan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terdapat daerah belokan dan pertemuan angin di wilayah Jateng.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Selain itu, anomali suhu muka laut positif di Laut Jawa dan Samudra Hindia selatan Jawa juga memicu terjadinya peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sejumlah daerah.

“Kelembaban udara yang tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jateng. Berdasarkan kondisi itu, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 16-18 November dapat terjadi di wilayah Jateng,” tulis Sutikno.

Sutikno juga memperinci sejumlah wilayah di Jateng yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem dalam kurun tiga hari terakhir. Berikut perinciannya:

Baca juga: BMKG: Cuaca Ekstrem Landa Mayoritas Daerah di Jateng hingga 12 November 2022

  • 16 November 2022

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Cilacap, Grobogan, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Kab./Kota Magelang, Kab. Pekalongan, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Salatiga, Kab. Semarang, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Kab. Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo dan sekitarnya.

  • 17 November 2022

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Cilacap, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kab./Kota Magelang, Kab. Pekalongan, Purbalingga, Purworejo, Salatiga, Kab. Semarang, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Kab. Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo dan sekitarnya.

  • 18 November 2022

Baca juga: Ini 4 Jalur Pendakian Gunung Ungaran, Nomor 1 Rekomendasi untuk Pemula

Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Karanganyar, Kendal, Klaten, Kudus, Kab./Kota Magelang, Pati, Kab. Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Rembang, Salatiga, Kab./Kota Semarang, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Kab. Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo dan sekitarnya

Dengan kondisi itu, BMKG pun mengimbau agar masyarakat di Jateng tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem dalam kurun tiga hari ini. Hal itu dikarena cuaca ekstrem berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, hingga puting beliung.

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini dengan wilayah yang lebih terperinci bisa mengakses sejumlah situs web milik BMKG seperti bmkg.go.id maupun cuacajateng.com,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya