SOLOPOS.COM - Ilustrasi gelombang tinggi di pantai. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Cuaca buruk kembali menyebabkan penyeberangan di Karimunjawa terganggu.

Kanalsemarang.com, JEPARA-Aktivitas kapal motor penumpang yang melayani penyeberangan dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menuju Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa dan sebaliknya kembali tertunda akibat tingginya gelombang laut setempat.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Pada Jumat [14/8/2015] sempat diberangkatkan kapal Ekspres, namun keesokan harinya [Sabtu] tidak bisa kembali ke Pelabuhan Jepara karena gelombang laut kembali tinggi,” kata Kepala Bidang Perhubungan Laut di Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Jepara Sutana di Kudus, Minggu (16/8/2015).

Ia mengatakan gelombang tinggi di Laut Jepara, terjadi sejak Minggu (9/8/2015) dan gelombang sempat mereda pada hari Kamis (13/8/2016) dan Jumat (14/8/2015) karena ketinggian gelombang laut maksimal hanya 2,5 meter.

Hanya saja, kata dia, cuaca buruk kembali muncul pada hari Minggu dengan ketinggian gelombang maksimal mencapai 3,5 meter.

Bahkan, lanjut dia, berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jateng disebutkan bahwa gelombang tinggi bakal terjadi kembali pada Senin (17/8/2015).

Jika dibandingkan dengan kondisi cuaca timuran pada tahun lalu, kata dia, tahun ini tergolong ekstrem karena berlangsung selama beberapa hari.

Sementara tahun lalu, lanjut dia, gelombang tinggi biasanya terjadi dalam waktu sehari bahkan hanya berlangsung selama beberapa jam, kemudian normal kembali.

Untuk itu, dia mengimbau, masyarakat yang beraktivitas di laut untuk ekstra hati-hati guna menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan laut.

Pengelola Kapal Express Bahari tujuan Jepara-Karimunjawa juga menginformasikan kepada pelanggannya pada Minggu dan Senin kapal tidak bisa diberangkatkan karena gelombang tinggi.

Informasi serupa juga disampaikan ketika kapal tidak bisa diberangkatkan pada Sabtu karena faktor yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya