SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

POHON TUMBANG-Sejumlah petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) memotong dahan pohon tumbang di Jl Cipto Mangunkusumo, Solo, Rabu (21/3/2012). Pohon tumbang diduga akibat keropos dan diterpa angin kencang. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO--Angin kencang yang menerjang wilayah Solo, Rabu (21/3/2012), menyebabkan sebuah pohon waru tumbang di Jl Dr Cipto Mangunkusumo, RT003/RW006, Mangkunegaran, Solo. Alhasil, pohon melintang di jalan dan menghambat arus lalu lintas di jalur tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Informasi yang dihimpun Solopos.com, pohon tumbang sekitar pukul 12.00 WIB. Pohon tumbang memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan diameter 60 sentimeter. Saat itu, kondisi jalan dalam keadaan sepi.

Ekspedisi Mudik 2024

“Anginnya besar sekali. Genting-genting saja ikut bergetaran. Tahu-tahu terdengar suara kretek-kretek dan pohon itu retak terus tumbang. Untung saja tukang becaknya sedang tidak ada. Biasanya tempat tersebut digunakan untuk mangkal dan duduk persis
di bawah pohon,” terang Ny Tego, 70, pedagang di sekitar pohon tumbang.

Sementara itu, Tukijo, 73, salah satu tukang becak yang sering mangkal di tempat
tersebut mengatakan sebelumnya, pada bagian pohon yang retak terdapat lubang yang cukup besar. Kondisi pohon miring dan menjorok ke sisi jalan.

Saat ini, hanya terdapat sisa bagian pohon yang tidak tumbang dan masih berdiri di sekitar lokasi. “Saya tadi dari arah utara. Tahu-tahu pohon tumbang, saya lantas berhenti. Memang terdapat growongan di pohon tersebut,” ungkap Tukijo.

Sementara itu, Lurah Mangkunegaran, Purwanto, menuturkan pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Solo. “Kami sudah pernah laporan kalau banyak pohon yang mengganggu jaringan telepon dan listrik,” katanya di sekitar lokasi kejadian.

Dijelaskan Purwanto, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Akibat tumbangnya pohon, sebuah kabel telepon dan kabel lampu penerangan jalan terputus.

Guna mempercepat proses pembersihan pohon, warga menutup akses jalan di tempat tersebut. Petugas dari DKP Solo dibantu warga sekitar membersihakn ranting pohon dari badan jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya