SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Sandiaga Uno dinilai menjadi sosok kunci yang mampu mendongkrak elektabilitas Prabowo Subianto. Peneliti Centre For Strategi and Internasional Studies (CSIS), Arya Fernandes, menyatakan hadirnya Sandiaga Uno sebagai calon presiden pasangan Prabowo Subianto membuat elektabilitas keduanya naik.

Bahkan di beberapa survei, elektabilitas Prabowo-Sandiaga terus memangkas jarak dengan Jokowi-Maruf Amin. Sandiaga dinilai lihai dalam menggaet suara dari kalangan pemilih milenial atau anak muda, perempuan atau emak-emak, serta kalangan menengah. Bukan cuma karena Sandiaga, basis pemilih dari Prabowo juga kuat di kalangan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sayangnya, kata Arya, pendukung Sandiaga tersebut banyak beririsan dengan pendukung Prabowo. “Jadi faktor Sandi itu mampu memberikan efek kepada segemen milenial/anak muda, perempuan atau emak-emak dan kelas menengah. Tetapi basis Sandi dan Prabowo itu beririsan,” kata Arya di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (28/3/2019), dilansir Suara.com.

Persamaan basis yang dimilili pasangan tersebut sekaligus menjadi kelemahan bagi kedua. Prabowo-Sandiaga dinilai sangat kurang dalam menyentuh basis pendukung di kalangan bawah dengan indikator pendidikan serta penghasilan yang rendah.

Basis pendukung di kalangan bawah itu lah yang seharusnya segera dirangkul Prabowo-Sandi jika tidak mau elektabilitasnya tergerus lantaran kehilangan basis pemilih.

“Jadi tantangan dari 02 adalah mencari basis di luar ini plural, orang yang pendidikannya rendah, pendapatannya rendah, bukan kelas menengah, itu tantangannya,” ucap Arya.

Selama ini kampanye Prabowo-Sandiaga hanya sampai menyentuh kalangan yang memang keduanya sudah unggul di sana. Prabowo-Sandiaga pun mau tidak mau harus mengubah haluan kampanyenya dengan memprioritaskan kepada kalangan bawah, untuk meraih tambahan suara.

“Jadi faktor perubahan prioritas kampanye, jadi kampanyenya diarahkan ke plural atau diarahkan nonkelas menengah atau pendidikan rendah, itu mungkin juga akan mempengaruhi suaranya,” ujar Arya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya