SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Melly Riana Sari)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Melly Riana Sari)

JAKARTA—Sejumlah vendor ponsel berhasil memperkuat sistem operasi Android di pasar Indonesia, terbukti Andorid telah mengambil alih posisi BlackBerry pada kuartal II/2012 dengan pangsa pasar 52%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tidak hanya vendor asing yang mampu menyerang pasar Tanah Air melalui lini ponsel cedasnya. Merk lokal sepert Cross pun ambil bagian, hingga mampu mengalami kenaikan penjualan pada kuartal ini. Direktur Pemasaran Cross Mobile Janto Djojo mengatakan kenaikan penjualannya dikarenakan pihaknya memiliki strategi khusus dalam pendistribusian produknya.

“Kami lebih memberikan penetrasi penjualan handset di kota-kota lapis kedua baru ke kota besar,” katanya. Menurutnya, cara tersebut sangat efektif bagi vendor lokal sepertinya karena pasar di kota besar sudah dikuasai oleh vendor global.

Selain itu, pihaknya terus meningkatkan penetrasi melalui iklan untuk menggeser segmentasi pengguna mereka, yang sebelumnya kelas C menjadi kelas C dan B. Salah satunya, ujar Janto, dengan mensponsori sebuah program acara kontes nyanyi di sebuah stasiun TV di Indonesia.

Hingga saat ini, Cross sudah memiliki 5 unit ponsel cerdas dengan sistem operasi Andoid yang dibanderol mulai dari Rp800.000 hingga Rp1,4 juta yang disasar untuk kelas menengah ke bawah. Dengan meningkatnya pangsa pasar Android di Indonesia, maka perusahaan tengah menyiapkan lini ponsel cerdas terbaru pada Oktober mendatang.

Pada kesempatan terpisah, Country Director HTC Indonesia Djunadi Putra Satrio mengatakan keberhasilan Android menguasai pasar dikarenakan tingginya minat konsumen terhadap sistem operasi open source ini. Perusahaan mengatakan, inovasi berbagai lini ponsel cerdasnya turut menguatkan penetrasi Android pada konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya