SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA: Di tengah masih misteriusnya fenomena crop circle di Sleman dan Magelang, kini lingkaran misterius itu muncul di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Tak ada yang tahu bagaimana awal mula terbentuknya fenomena aneh tersebut.

Komunitas Beta UFO sudah melakukan survei langsung ke lokasi yang terletak di pesawahan dekat perumahan Delta Mas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, tersebut pada Minggu (15/5) kemarin. Dari pantuan sementara, crop circle pada tanaman padi itu memiliki panjang 90 meter dan lebar 30 meter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini ditemukan tiga minggu lalu. Katanya 4 Mei, tapi kata pemilik lahan tiga minggu lalu,” kata Julius Perdana, aktivis komunitas Beta UFO, Senin (16/5).

Komunitas ini menamakan fenomena yang muncul dengan label CC4-11. Di situs jejaring sosial Youtube, kabar ini pertama kali didokumentasikan oleh user “mypunchdrunk” dengan judul “Another Crop Circle Indonesia!”.

Rekaman video ini kemudian dibahas di beragam blog, termasuk diantaranya di Forum Indonesia-Indonesia. Uniknya, warga di sekitar lokasi tersebut justru tak banyak yang tahu.

Komunitas Beta UFO menduga crop circle tersebut bukan buatan manusia. Lahan sawah yang basah menjadi alasan utama.

“Jadi ini letaknya di pesawahan basah. Ke lokasi juga susah, mesti masuk lumpur. Sulit kalau dibuat manusia, karena ini ada lumpur,” kata Alex Satrio, anggota komunitas Beta UFO.

Menurut Alex, fenomena ini berbeda dengan yang terjadi di Sleman dan Magelang, Jawa Tengah. Di dua lokasi tersebut, crop circle terbentuk di tanah yang kering dan hampir panen.

“Kalau yang ini, kaki masih sering terpeleset, beda dengan yang kemarin. Sekarang di tengah air, tapi galangan bentuk lorong-lorong rapi sekali,” imbuhnya.

Meski begitu, Alex tidak mau buru-buru memberikan kesimpulan. Sampel yang diambil dari lokasi akan diserahkan pada peneliti di Universitas Dipenogoro dan Universitas Airlangga untuk diteliti.(dtc)

Foto (faldi-freestyler.blogspot.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya