SOLOPOS.COM - Mahasiswa Udinus yang berhasil menjuarai C-fest 2016 berfoto bersama di Semarang Town Square (Setos), Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Selasa-Rabu (8-9/11/2016). (Dinus.ac.id)

Creativepreneur Festival (C-fest) 2016 berakhir dan sudah diumumkan juaranya.

Semarangpos.com, SEMARANG – Putaran Final Creativepreneur Festival (C-fest) 2016 sukses terselenggara dengan meriah di Semarang Town Square (Setos), Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Selasa-Rabu (8-9/11/2016).

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Pada putaran final, juri menyisakan tiga finalis yang dinobatkan sebagai juara I hingga III dari masing-masing kategori, yakni kategori Ide Pelajar, kategori Ide Umum dan kategori Prortotype. SMAN 3 Semarang, SMAN 6 Semarang, SMAN 1 Serang, Binus, Udinus, ITB, serta tim kolaborasi Udinus, Undip dan Unnes mencatatkan institusi mereka sebagai finalis.

C-fest adalah sebuah lomba di bidang kewiraswastaan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Peserta dapat mengajukan ide ataupun produk aplikasi untuk dilombakan. Pada ajang tersebut juga digelar seminar yang diisi oleh beberapa pembicara yang sudah berpengalaman di bidang bisnis start-up berbasis TIK. Ajang tersebut juga mendapat dukungan penuh dari pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

Bertindak sebagai juri dalam ajang tersebut adalah Ketua Umum Idea Aulia Esyah Marinto, CEO Mataharimall.com Emirsyah Satar dan staf ahli Kementrian Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Lies Sujiati.

Aulia menjelaskan poin penilaian bukan hanya sebatas keunikan ide produk masing-masing peserta, namun kecakapan peserta dalam mempresentasikan produk dan mempertahankan ide dari sanggahan dewan juri panelis lebih diutamakan. Sementara itu, CEO Mataharimall.com Emirsyah Satar menambahkan finalis yang lolos hingga babak final adalah yang terbaik. “Karena finalis yang berhasil lolos hingga tahap ini merupakan pilihan” ujarnya seperti dikutip Semarangpos.com dari Dinus.ac.id.

Pada ajang tersebut, seluruh finalis mempresentasikan ide dan produk mereka dihadapan dewan juri dan sekitar 500 peserta seminar setelah sehari sebelumnya di beri pelatihan di kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

Berikut nama-nama pemenang dalam ajang Cfest 2016 :

Kategori Ide Pelajar :
Juara I – Jaringjasa.com (SMAN 3 Semarang), tema  “Aplikasi penjaringan jasa yang menghubungkan pencari jasa dan pengguna jasa.”

Juara II – EcoBank (SMAN 6 Semarang), dengan tema “Aplikasi pengelolaan sampah hingga proses daur ulang”

Juara III – Kredibel.co.id (SMAN 1 Serang) dengan tema “Aplikasi yang bisa meminimalisir penipuan transaksi jual beli online.”

Kategori Ide Umum :
Juara I – Oleyo (Binus) dengan tema “Aplikasi yang memudahkan turis mencari lokasi wisata dan oleh-oleh terdekat.

Juara II – Acaradar (Udinus) dengan tema “Aplikasi penjaring peserta yang memudahkan penyelenggara acara mencari peserta.

Juara III – Localmedical (Udinus) dengan tema “Aplikasi sebuah aplikasi yang menghubungkan pasien dengan apotek terdekat dan jenis obat apa saja yang tersedia”.

Kategori Prototype :
Juara I – Offminute (ITB) dengan tema “Aplikasi yang memberikan informasi diskon menu makanan di restoran dan cafe pada jam-jam tertentu”.

Juara II – Markir Indonesia (Kolaborasi Udinus, Undip dan Unnes) dengan tema “Aplikasi yang memudahkan proses parkir dan transparansi biaya parkir bagi pengguna parkir dan pemerintah daerah,”.

Juara III – IS445 (Udinus) dengan tema “Aplikasi yang memudahkan proses belajar mengajar di sekolah.”

(Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya