SOLOPOS.COM - Ilustrasi Semarang Smart City. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Creativepreneur Fest 2016 digelar Pemerintah Kota Semarang sebagai wujud komitmen Semarang membangun Smart City sejak 2013.

Semarangpos.com, SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi membuka Creativepreneur Fest 2016 serta meluncurkan Semarang Digital Kreatif di Semarang Town Square (Setos), Selasa (8/11/2016). Seusai acara, Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—memamerkan pelayanan digital yang telah diaplikasikan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Hendi memaparkan Kota Semarang melalui pemanfaatan teknologi semakin memantapkan diri sebagai Smart City sejak 2013. Dalam kesempatan itu, ia memamerkan sejumlah pelayanan berbasis digital yang telah diterapkan Pemkot Semarang, di antaranya adalah pelayanan penerimaan siswa online, berbagai macam perizinan online, pemantauan jalan online, smart street lighting untuk efektivitas penghematan listrik penerangan jalan umum (PJU), e-parking, BRT tracking, dan penyediaan 2.300 titik layanan wireless Internet gratis di 23 ruang publik di Kota Semarang.

“Semua itu merupakan wujud keseriusan komitmen Pemkot Semarang sebagai fasilitator dalam menyediakan kebutuhan digital kota,” ungkapnya seperti dikutip Semarangpos.com dari laman resmi Pemkot Semarang. Hendi juga mengapresiasi acara Creativepreneur 2016 yang diikuti kurang lebih 150 pemuda kreatif dan inovatif dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Sang wali kota juga berharap pemuda Semarang dapat memanfaatkan fasilitas dan media yang telah disediakan pemerintah yang menurutnya dapat menunjang kreatifitas. Ia berpesan untuk menghadapi persaingan global masa kini dibutuhkan dua kunci sukses, yakni kreativitas dan inovasi.

Pemkot Semarang menggandeng PT Telkom meluncurkan gedung khusus komunitas digital bertajuk Semarang Digital Kreatif (SDK). SDK direncanakan menjadi ruang seluruh komunitas berbasis digital dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi.

Dalam acara peluncuran Semarang Digital Kreatif yang dibuka resmi oleh Hendi itu, Pemkot Semarang mengundang seluruh komunitas digital Semarang baik animasi, drone, art, photo, video, blogger, painting, marketing dan sebagainya. Pemkot berharap komunitas-komunitas tersebut dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Kota Semarang melalui potensi yang dimiliki. Creativepreneur Fest 2016 juga diisi dengan seminar yang mendatangkan para pakar IT dan pelaku wiraswasta andal. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya