SOLOPOS.COM - Cristiano Ronaldo saat menerima Ballon d'Or beberap waktu silam (Istimewa)

Solopos.com, BERN — FIFA membuat keputusan memperpanjang tenggat waktu voting Ballon d’Or. Tuduhan konspirasi pun muncul ke permukaan karena dianggap akan menguntungkan sejumlah pihak.

Seperti yang sudah-sudah, pemilihan pemain terbaik dunia alias FIFA Ballon d’Or dilakukan dengan metode jajak pendapat terhadap kapten dan pelatih tim nasional serta media-media dari seluruh dunia. Batas waktu penyerahan nama pemenang sudah ditetapkan, yakni pada Jumat, 15 November akhir pekan lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Itu artinya, pilihan terhadap pemain terbaik dunia tidak akan dipengaruhi oleh lolos atau tidaknya para nominator ke Piala Dunia. Saat tenggat waktu jatuh di 15 November, playoff zona Eropa baru menuntaskan leg pertama.

Namun kini FIFA melakukan perubahan aturan terkait batas waktu penyerahan nama. Otoritas sepakbola tertinggi itu mengundurnya sampai 29 November mendatang. Keputusan tersebut dianggap mencurigakan dan bertujuan untuk memenangkan salah satu kandidat, yang tak lain adalah Cristiano Ronaldo setelah dia mencetak hat-trick ke gawang Swedia dan memastikan Portugal lolos ke Brasil.

“FIFA dan France Football telah memperpanjang periode voting sampai 29 November 2013. Pada awalnya seluruh juri dibatasi memilih sampai tanggal 15 bulan ini. Leg kedua playoff tidak akan masuk hitungan. Itu tidak adil dan perubahan ini mencurigakan,” sahut Francesc Aguilar dari harian olahraga Spanyol Mundo Deportivo seperti dilansir detiksport.

“Sedikit demi sedikit FIFA menghancurkan Ballon d’Or dengan keputusan yang terus mereka buat. Anda tidak perlu menjadi jenius untuk mengetahui perpanjangan waktu ini menguntungkan CR7,” lanjut Aguikar di ESPNFC.

Hingga akhir pekan lalu Ronaldo ditempatkan di posisi dua calon perah Ballon d’Or oleh banyak rumah taruhan, dia kalah dari Franck Ribery. Namun usai bikin hat-trick dan keluarnya pengumuman perpanjangan waktu voting, untuk kali pertama nama Ronaldo berada di atas.

Pada Rabu (20/11/2013) waktu setempat, Marca juga menggelar jajak pendapat terkait perubahan tenggat waktu voting Ballon d’Or. Dari 4.000 peserta pertama jajak pendapat, sebanyak 81% menyebut Ronaldo diuntungkan dengan perubahan jadwal tersebut.

Keanehan lain yang terjadi terkait Ballon d’Or tahun ini adalah terkait jumlah finalis. Beberapa hari lalu Sepp Blatter menyebut kalau untuk tahun ini jumlah finalis akan bertambah dari tiga menjadi lima. Namun pernyataan resmi FIFA pada Selasa (19/11/2013) kemarin memastikan kalau finalis tetap akan berjumlah tiga, dengan pengumuman nama-nama tersebut dilakukan pada 9 Desember. (JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya