SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA: Harga minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) diduga terus naik hingga Juli tahun ini menyentuh level US$800 per ton.

Wakil Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Derom Bangun mengatakan permintaan CPO dari India dan China selama kuartal II/2009 mulai membaik sehingga harga akan bergerak naik.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“Produksi CPO dan turunannya di Malaysia dan Indonesia selama kuartal pertama tahun ini turun 20% hingga 25% dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya,” ujarnya pada acara International Conference and Exhibition on Palm Oil, hari ini.

Derom menambahkan stok CPO Indonesia dan Malaysia hingga saat ini juga berada di bawah normal sehingga menyebabkan harga akan terus bergerak naik.

India dan China, kata dia, mulai menurunkan permintaan CPO pada kuartal III dan IV 2008, tetapi mulai meningkatkan permintaannya pada kuartal II/2009. “Harga CPO akan bergerak naik hingga Juli [2009] mencapai US$800 per ton,” ujarnya.

Dia menuturkan fluktuasi harga minyak sawit menjadi permasalahan yang kompleks pada industri sawit.(JIBI/Bisnis.com/Sepudin Zuhri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya