Ilustrasi tes berbasis komputer Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS. (Antara-Adeng Bustomi)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Tiga lowongan yakni perawat, bidan, dan guru pendidikan jasmani dan kesehatan (penjaskes) paling diburu pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) Sukoharjo 2019.

Di sisi lain, lowongan dokter spesialis urologi menjadi yang paling tidak diminati. Belum ada pelamar yang memasukkan berkas ke lowongan tersebut.

Merujuk data hingga hari terakhir pendaftaran CPNS Sukoharjo, Rabu (27/11/2019) pukul 10.00 WIB, ada 10.568 pelamar yang resmi mendaftar dari 10.867 orang yang mengisi formulir.

Jumlah pendaftar CPNS tahun ini naik dua kali lipat dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 5.821 pendaftar.

10.000-An Melamar CPNS Klaten, Ini 2 Lowongan Terfavorit

"Ada 10.867 orang yang sudah mengisi formulir, tapi yang resmi mendaftar atau submit sebanyak 10.568 orang," jelas anggota Panitia Rekrutmen CPNS Sukoharjo Ahmad Fajar Romdhoni, Rabu (27/11/2019).

Tahun ini, Pemkab Sukoharjo membuka 424 lowongan CPNS dengan perincian formasi tenaga guru 159 lowongan, tenaga kesehatan 149 lowongan dan tenaga teknis lainnya 116 lowongan.

Lowongan Dokter Spesialis Urologi tidak ada pelamar sehingga bisa dipastikan tidak akan terisi. Menurutnya, kosongnya pendaftar untuk dokter spesialis tahun ini sama seperti tahun lalu di mana lowongan dokter spesialis juga nol pelamar.

Sementara lowongan favorit yang banyak diburu pelamar adalah perawat pelaksana yang mencapai 997 pendaftar untuk 41 lowongan. Kemudian bidan dengan 466 pendaftar untuk sembilan lowongan, guru penjaskes dengan 478 pendaftar untuk 24 lowongan.

Warga Wonogiri Segera Nikmati Jaringan Internet Tanpa Kuota Rp25.000/Bulan

"Lowongan lainnya yang juga banyak dilamar adalah administrasi kesehatan, perekam medis, pustakawan, pranata komputer, serta penyuluh pertanian. Rata-rata jumlah pelamar lowongan itu ada ratusan orang," katanya.

Saat ini panitia tengah memverifikasi berkas pelamar yang dijadwalkan rampung pada 12 Desember. Hasil verifikasi ini nantinya diumumkan melalui laman Pemkab Sukoharjo www.sukoharjokab.go.id atau sscasn.bkn.go.id.

Fajar mengatakan tes akan dilaksanakan pada Februari 2020 mendatang di Gedung Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) di Kampung Dadapan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar.

Sragen Digelontor Rp88 Miliar untuk Bangun The New Kemukus

Para pelamar diminta aktif memantau laman Pemkab Sukoharjo melalui website www.sukoharjokab.go.id ataupun sscasn.bkn.go.id dalam pengumuman terkait rekrutmen CASN.

Salah satu pelamar, Ismail mengaku mulai mempersiapkan diri menghadapi ujian CPNS. Salah satunya belajar mengerjakan soal-soal ujian CPNS.

Dia berharap kali ini bisa lolos dalam seleksi CPNS. Apalagi, dia melihat tingginya antusiasme pelamar yang mendaftar.

"Ini tahun kedua saya mendaftar CPNS. Tahun lalu gagal, mudah-mudahan tahun ini bisa lolos. Jadi sekarang sudah belajar soal-soal ujiannya," katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten