SOLOPOS.COM - Ilustrasi informasi CPNS. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

CPNS 2016 yang diusulkan Pemkot Salatiga diminta direvisi oleh Kementerian PAN-RB.

Semarangpos.com, SALATIGA – Pada akhir April 2016, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meminta kepada para pimpinan instansi pemerintah daerah/kota untuk merevisi usulan formasi CPNS 2016. Salah satu yang diminta merevisi usulan itu adalah Pemkot Salatiga.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Seperti diberitakan beberapa media online nasional beberapa waktu lalu, Kementerian PAN-RB memastikan tetap akan membuka seleksi CPNS pada 2016 ini. Namun, seleksi CPNS 2016 itu hanya diperuntukan di beberapa jabatan atau formasi tertentu.

?Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN-RB, Setiawan Wangsaatmadja, dalam siaran persnya  mengaku ada empat kelompok SDM yang akan direkrut tahun 2016 ini. Pertama, untuk program wajib yang meliputi tenaga kesehatan, pendidikan, dan penanggulangan kemiskinan.

Sedangkan, kedua atau program prioritas, meliputi tenaga pembangunan infrastruktur, pembangunan poros maritim, pembangunan ketahanan energi dan pangan. Adapun yang ketiga, tenaga penegak hukum dan terakhir atau keempat, yakni SDM untuk program dukungan reformasi birokrasi. “Rekrutmen CPNS tahun ini diarahkan untuk mendukung program Nawacita,” tulis Setiawan dalam siaran persnya.

Namun, kenyataannya masih banyak pemerintah daerah/kota yang mengusulkan formasi yang tidak sesuai dengan kebijakan pemerintah itu, seperti Pemkot Salatiga. Dari 717 formasi yang diusulkan ke Kementerian PAN-RB, lebih dari 50%, yakni 478 formasi merupakan tenaga administrasi. Sementara, sisanya 163 formasi tenaga pendidik dan 76 formasi tenaga kesehatan.

“Kami sudah memperoleh instruksi untuk merevisi usulan CPNS di lingkungan Pemkot Salatiga yang sudah masuk melalui sistem e-formasi ke Kementerian PANRB, April kemarin. Jumlah usulan itu sudah sesuai kebutuhan riil. Makanya, saat diminta merevisi, kami cukup kesulitan,” ujar Kabag Humas Setda Kota Salatiga, Sri Satuti, saat dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Senin (2/5/2016).

Satuti mengaku usulan formasi CPNS 2016 itu sudah dikoordinasikan dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Salatiga. Dari koordinasi itu diputuskan bahwa Pemkot Salatiga memang yang paling banyak dibutuhkan adalah tenaga administrasi. “Harapan kami, apa yang telah diusulkan melalui e-formasi itu bisa disetujui sehingga dapat segera melaksanakan open recruitment. Mengenai mekanisme serta teknisnya, kami menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT), sesuai instruksi Kemenpan-RB,” imbuh Satuti.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya