SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI)

Solopos.com, SOLO– Lowongan CPNS 2014 segera dibuka. Pemerintah akan membuka 60.000 lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014.

Pemerintah mengumumkan akan merekrut 60.000 CPNS dan 40.000 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2014 ini. untuk rekrutmen PPPK diumumkan bersamaan pembukaan pendaftaran CPNS.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Pengumuman ini dirilis di laman setkab.go.id hari Senin (5/5/2014). Wakil Menteri (Wamen) Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pan-RB), Eko Prasojo menuturkan rekrutmen PPPK tidak terbatas, tak seperti CPNS.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sejauh memiliki kompetensi dan organisasi membutuhkan, ada kesempatan untuk mendaftar sebagai PPPK,” kata Eko.

Pegawai PPPK

Menurut Eko, dibuka keran bagi masuknya SDM aparatur dari PPPK selain pegawai PNS, merupakan terobosan kebijakan pemerintah dalam penataan birokrasi.

“PPPK dapat membuat fleksibilitas dan mengubah DNA atau gen dalam birokrasi. Selain itu, PPPK juga mampu memacu adrenalin dalam birokrasi dan menumbuhkan citra baru orang yang ingin mengabdi pada negara tidak harus berstatus PNS,” kutip lama itu.

Eko menambahkan, selama ini, PNS yang dengan kinerja bagus atau tidak bagus biasanya dipertahankan sampai pensiun. Tak ada sejarahnya PNS berkinerja buruk dipensiunkan.

“Namun hal itu kini dimungkinkan dalam Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara,” tutur Eko.

Menurut Eko, antara PNS dan PPPK hampir semuanya sama, kecuali NIP dan pensiun. Ia menyebutkan, dalam perjanjian kerja bagi PPPK akan dituliskan klausul mengenai jaminan pensiun yang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Dalam perjanjian juga dicantumkan, apabil negara mengalami krisis ekonomi, maka yang pertama kali terkena pemutusan hubungan kerja adalah PPPK,” ujar Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya