SOLOPOS.COM - ilustrasi penerimaan CPNS (dok)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada September mendatang. Calon pelamar diimbau tidak tergiur janji-janji orang yang mengaku dapat meloloskan seleksi.

Sekretaris Daerah Pemkab Gunungkidul Budi Martono mengatakan lowongan CPNS di Gunungkidul dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mendapatkan jatah 30 formasi. Sebelum jumlah formasi ini diumumkan, pemkab berusaha meminta tambahan kuota. Namun, permintaan tersebut urung diberikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami sudah berusaha, namun tetap pusat menghendaki jumlah itu,” katanya kepada Harianjogja.com, Jumat (15/8/2014).

Rencananya, pendaftaraan CPNS 2014 akan dilaksanakan pada September mendatang. Namun, Budi belum memastikan berapa tanggal pendaftaran tersebut, karena masih harus menungu pengumuman dari pusat.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Gunungkidul Sigit Purwanto berharap masyarakat tidak tergiur dengan iming-iming orang yang tak bertanggungjawab. Biasanya, saat lowongan CPNS dibuka banyak oknum-oknum tertentu yang mengaku bisa memuluskan calon pelamar lolos dari seleksi CPNS.

“Calo-calo itu pasti ada, tapi kami imbau jangan mudah percaya, karena seleskis yang dilakukan sangat ketat,” ungkapnya.

Sigit menjelaskan, terdapat perubahan dalam sistem penerimaan CPNS 2014. Tahun lalu, seleksi didasarkan pada tes menggunakan lembar jawab komputer. Ttahun ini tes akan menggunakan computer accested test (CAT). Selain itu, tes CPNS ini sepenuhnya berada dibawah koordinasi provinsi.

“Selain tes menggunakan komputer, perbedaan paling mencolok tes tidak lagi dilakukan di daerah (Gunungkidul) tapi tes akan dilaksanakan diJogja,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya