SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pasar (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, WONOGIRI – Pasar Sidoharjo, Wonogiri akan ditutup sementara selama empat hari karena ada beberapa pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Penutupan pasar akan dimulai Senin (9/11/2020).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wonogiri, hingga Sabtu (7/11/2020), terdapat tujuh pedagang yang dinyatakan positif Covid-19. Dari jumlah tersebut meluas ke anggota kelurga sebanyak tiga orang. Total ada 10 orang positif Covid-19 dari klaster Pasar Sidoharjo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pakar Telematika Roy Suryo Komentari Video Syur Mirip Gisell

Plt Bupati Wonogiri, Edy Santosa, mengatakan klaster pasar berawal dari poling tes yang dilakukan Pemerintah Kabupaten dan Satgas Covid-19 Wonogiri.

"Dari poling tes yang dilakukan Satgas, baik rapid maupun tes swab, ada warga yang dinyatakan positif Covid-19. Setelah ditelusuri ada yang bekerja atau beraktivitas di Pasar Sidoharjo," kata dia kepada wartawan di ruang kerjanya, Sabtu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri, Adhi Dharma, mengatakan poling tes (rapid tes dan tes swab) yang dilakukan Satgas Wonogiri menyasar ibu hamil, manula dengan riwayat penyakit atau komorbid dan kelompok yang memiliki faktor resiko tinggi dalam penularan Covid-19.

Awan Topi Muncul di Puncak Lawu, BMKG: Awas Turbulensi!

Berdasarkan hasil dari poling tes yang dimulai sejak 27 Oktober 2020 tersebut ada satu orang yang dinyatakan positif Covid-19. Setelah dilakukan tracing, pasien yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut ternyata beraktivitas di Pasar Sidoharjo.

"Awalnya hanya satu pedagang itu. Kemudian kami melakukan tracing di pasar. Pedagang yang kontak erat dites swab. Hasilnya, pedagang yang dinyatakan positif terus bertambah. Hingga Sabtu ada tujuh orang. Dan sekarang sudah merambah ke keluarga juga," kata dia kepada wartawan, Sabtu.

Tujuh pedagang yang dinyatakan positif, lanjut dia, merupakan pedagang makanan, buah dan lain-lain. Jadi tidak satu kelompok jenis dagangan.

Merapi Siaga, Warga Tegalmulyo Klaten Lihat Kidang Turun Gunung

Sebagai bentuk antisipasi, seluruh pedagang di pasar tersebut dijadwalkan menjalani tes swab pada Senin (9/11/2020).

"Kami lakukan tes swab kepada para pedagang. Ada sekitar 500 pedagang yang akan menjalani tes swab pada Senin," kata dia.

Adhi mengatakan, setelah menjalani tes swab pedagang diimbau untuk karantina di rumah sembari menunggu hasil tes swab.

"Dua sampai tiga hari hasil tes keluar. Kalau ada yang positif dilanjutkan masa karantina, jika tidak boleh beraktivitas lagi," kata dia.

Kesal, Pria Ini Tega Pukuli Istri di Pinggir Jalan Hingga Tewas

Adhi berharap kepada seluruh pedagang Pasar Sidoharjo bersedia menjalani tes swab pada Senin besok.

"Jangan khawatir dan tidak perlu takut. Ini sebagai deteksi dini persebaran Covid-19. Sehingga berdampak pada keselamatan dan kesehatan masyarakat luas," kata Adhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya