Covid-19 Varian Omicron Muncul di Afrika, Sejumlah Negara Tutup Pintu

Sejumlah negara memperketat pembatasan perjalanan setelah virus corona Covid-19 varian baru diidentifikasi di kawasan Afrika selatan awal pekan ini.

 Ilustrasi Covid-19. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, LONDON — Sejumlah negara memperketat pembatasan perjalanan setelah virus corona Covid-19 varian baru diidentifikasi di kawasan Afrika selatan awal pekan ini.

Inggris dan Singapura termasuk di antara mereka yang bergegas dalam langkah-langkah karantina yang lebih ketat atau melarang penerbangan dari Afrika Selatan dan negara-negara tetangga.

Uni Eropa mengusulkan untuk melarang penerbangan dari wilayah tersebut di seluruh blok, demikian seperti dikutip Liputan6 dari BBC, Sabtu (27/11/2021).

Para ilmuwan masih harus banyak belajar tentang varian, tetapi mengatakan mereka sangat khawatir tentang hal itu.

Baca Juga: Mukjizat, Regu Penolong Selamat dari Ledakan Tambang Terdahsyat

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan akan memakan waktu beberapa pekan untuk memahami dampak dari varian baru, karena para ilmuwan bekerja untuk menentukan seberapa menular itu.

Varian baru Covid-19 ini sangat berbeda dengan yang lain yang telah muncul sejauh ini. Para ilmuwan mengatakan itu adalah versi yang paling banyak bermutasi, yang berarti vaksin, yang dirancang menggunakan strain asli dari Wuhan, mungkin tidak seefektif itu.

Varian baru di Afrika Selatan ini diberi nama Omicron —meminjam kata Yunani kuno sebagaimana varian Delta atau Beta— atau dikenal juga sebagai B.1.1.529. WHO mengumumkan itu adalah varian yang memprihatinkan (VoC) berdasarkan kategorisasi badan kesehatan dunia itu.

WHO telah memperingatkan terhadap negara-negara yang dengan tergesa-gesa memberlakukan pembatasan perjalanan, dengan mengatakan mereka harus melihat “pendekatan berbasis risiko dan ilmiah.”

Baca Juga: Sempat Hidup Lagi Setelah 7 Jam di Dalam Freezer, Pria India Meninggal

Namun demikian, semakin banyak negara termasuk Inggris dan Belanda telah menghentikan sementara penerbangan dari negara-negara Afrika selatan ini.

Singapura, Italia, Prancis dan Israel termasuk di antara mereka yang juga menempatkan Mozambik dalam daftar merah mereka.

Kepala Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, mengusulkan seluruh Uni Eropa mengenakan “rem darurat” dan menghentikan penerbangan dari wilayah tersebut.

Uni Eropa sudah berjuang untuk mengatasi gelombang baru virus, dan beberapa negara telah memberlakukan kembali penguncian dan pembatasan.

Baca Juga: Varian Baru Covid-19 di Afsel, WHO Minta Jangan Langsung Ada Pembatasan

Republik Ceko akan melarang siapa pun telah menghabiskan lebih dari 12 jam di negara-negara itu untuk masuk pada hari Sabtu.

Menurut sumber kementerian kesehatan yang dikutip oleh kantor berita Reuters, Jerman,yang saat ini sedang mengalami gelombang keempat infeksi karena varian Delta, hanya akan memungkinkan orang Jerman untuk terbang ke Jerman dari Afrika Selatan pada Jumat (26/11/2021) malam. Bahkan jika wisatawan sepenuhnya divaksinasi, mereka masih harus menghabiskan 14 hari di karantina.

India telah memerintahkan penyaringan dan pengujian yang lebih ketat untuk wisatawan yang tiba dari Afrika Selatan, Botswana dan Hong Kong.

Berita Terkait

Berita Terkini

Siapkan 3 Opsi, Menag Berharap Ibadah Haji Bisa Dimulai 5 Juni

Pemerintah Arab Saudi belum menyampaikan keputusan terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 setelah terjadi penyebaran virus Covid-19 varian Omicron.

Potensi Desa Jadi Sasaran Survei Mahasiswa Pariwisata Indonesia

Mahasiswa pariwisata Indonesia mengadakan survei potensi desa pada wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Diputuskan! Ini Nama Ibu Kota Negara yang Baru di Kalimantan Timur

Presiden Joko Widodo menyetujui nama ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, yakni Nusantara.

Pelaku Perjalanan dari Turki Penyumbang Terbanyak Kasus Omicron di RI

Pemerintah terus memantau perkembangan pengendalian pandemi Covid-19 termasuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

+ PLUS Kepala Daerah Ditangkap KPK Bukti Politik Dinasti Jalan Korupsi Politik

Korupsi politik adalah bentuk transaksi yang dilakukan antaraktor sektor privat dan publik melalui barang publik yang secara ilegal dikonversi ke dalam pertukaran yang bersifat privat.

Dituntut Mati Terkait Kasus Asabri, Nasib Heru Hidayat Ditentukan Besok

Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), Heru Hidayat, dituntut hukuman mati terkait kasus korupsi dana investasi PT Asabri.

+ PLUS Pidana Mati Predator Seksual Bukan Solusi untuk Pemulihan Korban

Predator seksual di Bandung, Jawa Barat, Herry Wirawan, yang memerkosa 13 santriwati, dituntut pidana mati dan denda serta pidana tambahan berupa kebiri kimiawi.

Gempa Bumi Magnitudo 5,4 Guncang Lebak Banten

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,4 mengguncang Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Senin (17/1/2022) pukul 07.25 WIB.

10 Berita Terpopuler: 10 Hari, Menunggu Keputusan Ustaz Yusuf Mansur

Ulasan tentang ustaz Yusuf Mansur menggelar yasinan selama 40 hari untuk menghadapi orang-orang yang dirasa menyerang dirinya menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Senin (17/1/2022).

Solopos Hari Ini: Dilema PTM 100%

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100% diliputi dilema ancaman penularan Covid-19 khususnya varian Omicron yang kian meluas.

Kucurkan Rp5,6 M ke Yusuf Mansur, Nur Syamsu Yakin Uang Kembali

Nama besar Ustaz Yusuf Mansur yang membuat dirinya tidak punya prasangka macam-macam saat ditawari investasi pada tahun 2009 silam. 

MAKI: Harusnya Kejakgung Tak Ada Kendala Tangani Korupsi di Kemenhan

Apabila kasus melibatkan oknum TNI, Kejaksaan Agung tidak memiliki kendala karena memiliki Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Militer.

Penggugat: Yusuf Mansur Berjanji Ganti Semua Investasi Batu Bara

Menurut Zaini, dai kondang itu pernah berjanji di hadapan para investor bahwa dirinya akan mengganti seluruh uang investasi jemaahnya. 

Dinyinyiri, Ustaz Yusuf Mansur Banyak Dibela Warganet

Dai kondang itu menggerakkan seluruh santri yang berada di jaringan pondok pesantrennya untuk menggelar yasinan selama 40 hari.

Pertambahan Kubah Lava Gunung Merapi Seiring Kekaguman pada Metaverse

Jika dikonversikan ke muatan truk pasir yang biasa melintas di jalanan pertambahan kubah lava Gunung Merapi itu setara dengan 400 bak truk per hari.

Ini Para Penjaga Ustaz Yusuf Mansur

Bertabur doa mengiringi postingan Yusuf Mansur pada Jumat (14/1/2022) itu.