SOLOPOS.COM - Ilustrasi pernikahan. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang menyebut angka pernikahan di Kota Semarang mengalami penurunan drastis dalam dua bulan terakhir. Penurunan itu terjadi seiring wabah atau pandemi Covid-19 yang tengah terjadi.

"Sejak ada pandemi, angka perkawinan di Kota Semarang memang turun drastis. Mungkin, pada takut menggelar pernikahan di masa pandemi dan memilih untuk menunda," tutur Kepala Kantor Kemenag Semarang, Muhdi Zamru, saat dijumpai Solopos.com di kantornya, Senin (22/6/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengakuan Pengguna SKD Palsu PPDB Jateng: Kadesnya Saudara, Pak!

Muhdi mengatakan angka pernikahan yang digelar Kantor Kemenag Kota Semarang dalam kurun Januari-Mei 2020 mencapai 3.146 kejadian. Dari jumlah sebanyak itu, 758 pernikahan digelar di kantor KUA dan sisanya 2.388 pernikahan digelar di rumah atau di luar kantor KUA.

Sementara itu, dari 3146 pernikahan yang berlangsung di Ibu Kota Jawa Tengah itu sepanjang 2020, paling banyak terjadi pada Maret. Itu merupakan bulan terakhir sebelum pandemi Covid-19 ditetapkan sebagai bencana nasional oleh pemerintah.

Covid-19 di Grobogan Tambah 2 Kasus, 16 Kecamatan Zona Merah

Total ada 968 pernikahan yang digelar di Kota Semarang selama Maret 2020. Perinciannya, 190 dilaksanakan di kantor KUA, dan sisanya, 778 digelar di rumah atau gedung. Sementara pada bulan April, angka pernikahan mulai mengalami penurunan sekitar 664.

Penurunan paling tajam terjadi pada bulan Mei. Total hanya 83 pasangan yang mengajukan pernikahan, di mana 15 pernikahan digelar di kantor KUA. Sedangkan sisanya, 68 pernikahan dilangsungkan di rumah atau gedung.

Salah Tulis Salatiga Jadi Salahtiga, Penghargaan Kemendagri Direvisi

"Bulan Juni-Juli ini harusnya permintaan [ pernikahan di Kota Semarang ] naik. Apalagi, ini kan memasuki bulan Besar [Zulhijah]. Biasanya, kalau Besar banyak yang punya hajatan," ujar Muhdi.

Protokol Kesehatan

Muhdi menambahkan dalam menikahkan pasangan, petugas KUA diwajibkan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Itu sesuai Surat Keputusan (SK) Dirjen Binmas Islam No P-006/DJ.III/Hk.00.7/06/2020, yang terbit 10 Juni 2020.

2 Jenazah di Surabaya Tertukar, Dimakamkan dengan Protokol Covid-19

Dalam surat itu disebutkan tentang tata cara melangsungkan melangsungkan pernikahan baik di Kantor KUA Kota Semarang maupun luar KUA. Protokol itu antara lain, jika pernikahan digelar di kantor KUA, maka jumlah yang hadir hanya dibatasi maksimal 10 orang. Begitu juga jika prosesi akad nikah digelar di rumah.

Apabila pernikahan digelar di gedung atau di masjid, prosesi akad nikah boleh diikuti sebanyak-banyaknya 20% dari kapasitas ruangan. Tapi, jumlahnya tidak boleh lebih dari 30 orang.

Diduga Pakai SKD Palsu, 1.007 Calon Siswa Cabut Berkas PPDB Jateng

Bisa Dibatalkan

Kepala Seksi (Kasi) Binmas Islam Kantor Kemenag Kota Semarang, Muh Labib, mengatakan petugas KUA wajib menolak melangsungkan pernikahan jika protokol tidak dipenuhi.

"Petugas kami atau penghulu, juga dibekali APD [alat pelindung diri] seperti face shield dan sarung tangan dalam menikahkan pasangan. Jadi protokol kesehatan harus benar-benar dipatuhi," tegas Labib.

Jumlah Tes Swab di Kota Semarang Diklaim Lampaui Standar WHO

Angka Pernikahan di Kota Semarang 2020

No. Bulan Nikah di KUA Nikah di Luar KUA Total
1. Januari 172 388 560
2. Februari 209 662 871
3. Maret 190 778 968
4. April 172 492 664
5. Mei 15 68 83

Sumber; Kantor Kemenag Semarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya