SOLOPOS.COM - Ilustrasi KRL Jogja-Solo. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, JOGJA — Okupansi penumpang KRL Jogja-Solo selama bulan Oktober 2021 mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding bulan sebelumnya, atau September 2021. Peningkatan jumlah penumpang itu tak terlepas dari turunnya jumlah kasus harian Covid-19 di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Melansir dari dari Suara.com, pada September 2021 lalu rata-rata penumpang harian KRL Jogja-Solo mencapai 3.542 orang. Namun, pada bulan Oktober jumlah penumpang mengalami peningkatan menjadi 5.488 orang per hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Tren peningkatan volume penumpang tidak hanya terjadi pada hari kerja, tapi juga saat akhir pekan,” ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Rabu (20/10/2021).

Baca juga: Penumpang KRL Jogja-Solo Meningkat, Minggu Paling Ramai

Berdasarkan data KAI Commuter, rata-rata volume penumpang akhir pekan pada September tercatat 3.422 orang, tetapi pada Oktober biasa meningkat menjadi 6.353 penumpang. Bahkan pada Minggu (17/10/2021), jumlah penumpang KRL Jogja-Solo tercatat mencapai 7.177 orang.

Menurut Anne, tren kenaikan volume penumpang KRL pada Oktober juga dipengaruhi oleh semakin terkendalinya kasus Covid-19 di Yogyakarta dan Solo, serta beberapa daerah yang dilintasi KRL.

Terlebih lagi, saat ini Yogyakarta dan Solo juga sudah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level dua, setelah sebelumnya PPKM level 3. Kondisi ini pun membuat aktivitas perekonomian mulai berjalan dan berimbas pada peningkatan penggunaan transportasi umu, termasuk KRL Jogja-Solo.

Baca juga: PPKM Turun Level, Penumpang KRL Solo-Jogja dan Prameks Terus Meningkat

Sementara itu, tren peningkatan volume penumpang tidak hanya terjadi pada KRL Jogja-Solo. Peningkatan jumlah penumpang juga terjadi di KA Prameks yang melayani rute Yogyakarta-Kutoarjo.

Pada September, rata-rata harian volume penumpang tercatat 721 orang. Namun pada Oktober, volume penumpang mengalami kenaikan 47 persen menjadi 1.061 orang per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya