Kategori: Klaten

Covid-19 Klaten: Hotel Hingga Tempat Latihan Militer Dilobi Untuk Lokasi Isolasi


Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso

Solopos.com, KLATEN -- Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten terus berupaya menambah ruang perawatan khusus atau isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain menambah bed rumah sakit, satgas berinisiatif menambah tempat isolasi nonrumah sakit. Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan ada sekitar sembilan rumah sakit yang selama ini menangani kasus Covid-19 Klaten.

Dari sembilan rumah sakit itu, ada sekitar 300 tempat tidur yang tersedia untuk merawat pasien Covid-19. Hingga kini, tempat tidur pasien Covid-19 yang tersedia masih mencukupi atau belum overload.

Duh! Jalur Contra Flow BST Koridor 1 Malah Bikin Jl Slamet Riyadi Solo Macet

Meski begitu, Satgas Klaten tetap berupaya memperbanyak tempat perawatan khusus atau isolasi pasien Covid-19. “Kami sudah ajukan ke bupati untuk seluruh rumah sakit Klaten bisa merawat Covid-19 sebagai lini tiga. Saat ini masih pengajuan ke bupati,” kata Ronny di Prambanan, pekan lalu.

Selain memperluas ruang perawatan rumah sakit, Satgas berencana menambah tempat isolasi nonrumah sakit bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini, baru Hotel Edotel yang jadi tempat isolasi nonrumah sakit dengan ketersediaan sekitar 14 tempat tidur.

Arus Balik, Permintaan Tes Cepat Antigen Solo Melejit Pada Sabtu-Minggu

Ronny menjelaskan Pemkab masih melobi sejumlah institusi agar bersedia menyediakan tempat untuk isolasi nonrumah sakit. Institusi itu mulai dari hotel, swasta, serta militer.

Tempat Pelatihan Militer

Ronny mengakui Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro di Desa Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan, yang selama ini menjadi tempat pelatihan militer bagi prajurit TNI bisa menjadi tempat isolasi mandiri pasien Covid-19.

Pemkab juga masih melakukan lobi untuk memanfaatkan sebagian ruangan tempat tersebut untuk isolasi nonrumah sakit. Rencana menambah tempat isolasi nonrumah sakit itu untuk mengurangi beban rumah sakit merawat pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Alhamdulillah, Anggota DPRD Solo Siti Muslikah Sembuh Dari Covid-19

“Tempat isolasi nonrumah sakit itu untuk mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetapi tidak memiliki gejala atau gejala ringan. Ini untuk mengurangi beban rumah sakit agar fokus menangani yang bergejala sedang dan berat,” urainya.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Tri Nyantosani, memastikan Hotel Edotel masih menjadi tempat isolasi bagi pasien positif Covid-19 tanpa gejala. Meski menjadi tempat isolasi nonrumah sakit, tetap ada petugas kesehatan yang berjaga termasuk dokter spesialis paru-paru.

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih