SOLOPOS.COM - Pelatih Semen Padang, Eduardo Almeida, saat pertandingan persahabatan melawan Persis Solo di Stadion Manahan, Solo, Kamis (5/3/2020). (Solopos/M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SOLO — Mewabahnya virus corona di sejumlah negara, termasuk Indonesia, menjadi perhatian banyak kalangan. Salah satunya adalah pelatih Semen Padang, Eguardo Almeida. Dia berbicara terkait potensi corona tunda kompetisi Liga 2.

Pelatih asal Portugal itu menyebut penyebaran Covid-19 membuat stakeholder sepak bola saat ini dalam kondisi serba sulit. Pasalnya, penyebaran virus tersebut bisa terjadi saat banyak orang berkumpul, termasuk saat menonton sepak bola di stadion atau event-event olahraga lainnya.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Namun Almeida mengaku lebih memilih penundaan kompetisi ketimbang laga tanpa penonton untuk mengantisipasi penyebaran corona di Indonesia. Hal itu disampaikannya di sela jumpa pers Semen Padang melawan Persis Solo di Hotel Grand Hap, Rabu (4/3/2020).

BMW Bikin Logo Baru, Seperti Tak Ada yang Berubah

“Ini perbincangan yang sulit, apa yang harus saya katakan? Kami harus menghormati keputusan federasi [PSSI], apapun itu nanti. Namun opini pribadi saya simpel, tidak ada sepak bola jika tanpa suporter,” ujar Almeida.

Menurut dia, kebijakan laga tanpa penonton bakal membuat kompetisi di Indonesia hambar. Indonesia diketahui memiliki suporter di penjuru daerah yang fanatik dengan sepak bola dan klub kesayangannya. Almeida tak menafikan antisipasi yang harus dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona.

Jadwal Liga Italia Banyak Ditunda, Ini Daftar Laga yang Bakal Digelar

Namun dia menilai kekhawatiran publik yang terjadi saat ini cenderung terlalu berlebihan. “Media sekarang banyak memberitakan soal corona, yang mungkin membuat orang-orang sedikit takut. Namun jika kita bicara wabah lain seperti malaria, itu juga tak kalah berbahayanya,” kata dia.

Seperti diketahui, beberapa negara di Eropa telah menentukan sikap terkait mewabahnya virus corona. Seperti di Italia yang meliburkan event-event olahraga selama sebulan. Artinya, corona tunda kompetisi olahraga di Italia selama sebulan.

Potret Langka Saat Masjidil Haram Dikosongkan Buat Antisipasi Corona

Italia memang menjadi salah satu negara di Eropa yang banyak terdapat kasus corona. Mereka sebelumnya juga sudah memberlakukan keputusan pertandingan tanpa penonton.

Di event olahraga lain seperti Moto GP, seri perdana di Qatar dibatalkan. Sementara seri Thailand dipastikan bakal ditunda untuk waktu yang belum ditentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya