Pertandingan Copa America 2019 antara Brasil vs Paraguay. (Reuters-Diego Vara)

Solopos.com, SOLO - Beberapa hari lalu Lionel Messi sempat mencak-mencak saat bertanding melawan Qatar di Arena do Gremio. Meski Argentina menang dengan skor 2-0, Messi dibikin keki dengan kualitas lapangan stadion yang terletak di Porto Alegre itu. 

Dia merasa semua lapangan tempat Argentina bertanding sangat jelek. Sebelumnya pemain berjuluk La Pulga itu juga tak puas saat bermain di Arena Fonte Nova dan Estadio Mineirao. Dalam laga di kedua lapangan itu, Messi dkk. gagal menang, salah satunya karena sulit mengembangkan permainan. 

“Semua lapangan tempat kami bermain buruk. Bola sering memantul dan Anda perlu kontrol ekstra untuk menghentikannya,” cetus playmaker Barcelona itu, dilansir Marca, Senin (24/6/2019).

Sejumlah pihak menuding Messi mencari-cari alasan atas buruknya permainan tim, terutama saat dibekuk Kolombia dengan skor 0-2 di Arena Fonte Nova. Namun belakangan pelatih tim tuan rumah Brasil, Tite, juga mengeluhkan buruknya kondisi lapangan di sejumlah venue Copa America. Komplain itu disampaikannya seusai Brasil menang adu penalti 4-3 atas Paraguay, Jumat (28/6/2019). 

“Absurd saja bahwa di level tinggi kami bermain di lapangan yang sulit dipakai mengontrol bola. Para pemain perlu tiga sentuhan untuk mengontrol bola,” ujar Tite seperti dilansir Reuters, Jumat.

Reuters juga mencatat keluhan serupa sempat disampaikan Pelatih Argentina, Lionel Scaloni, penyerang Uruguay, Luis Suarez dan gelandang Kolombia, James Rodriguez. Scaloni menegaskan dirinya tak mengada-ada saat menyebut lapangan Copa America di bawah standar. 

“Ketika saya komplain, saya dikritik. Mereka bilang saya bikin alasan. Tapi Anda tak bisa bermain di lapangan-lapangan semacam itu,” katanya.

Namun penyelenggara turnamen menampik keluhan-keluhan tersebut. Manajer Panitia Penyelenggara Kompetisi, Thiago Jannuzzi, menilai lapangan sudah rata dan kondisi baik. “Kami melihat lapangan yang rata, dengan penutup rumput yang ideal. Lapangan-lapangannya layak untuk turnamen.” 

Sebagai informasi, Copa America 2019 memiliki enam venue stadion yang tersebar di lima kota yakni Rio de Janeiro (Maracana), Sao Paulo (Morumbi dan Arena Corinthians), Belo Horizonte (Estadio Mineirao) dan Porto Alegre (Arena do Gremio). Estadio Mineirao dan Arena do Gremio yang kerap dikritik masih akan menggelar laga semifinal turnamen. Adapun final akan dihelat di Maracana.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten