SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SALVADOR – Impian Uruguay lolos ke semifinal Copa America 2019 akhirnya kandas setelah kalah adu penalti dari Peru. Bintang Uruguay Luis Suarez menjadi biang keladi kegagalan lantaran menjadi satu-satunya eksekutor yang gagal di adu penalti.

Duel antara Uruguay vs Peru di Arena Fonte Nova, Salvador, Minggu (30/6/2019) dinihari WIB, berjalan alot. Permainan bola-bola panjang dari kedua tim kerap putus di sepertiga akhir.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Uruguay sempat berhasil merobek gawang Uruguay di menit ke-35 lewat Giorgian De Arrascaeta. Wasit menganulir gol tersebut setelah Gonzalez lebih dulu dalam posisi offside sebelum melepas umpan ke De Arrascaeta.

Satu menit berselang, Uruguay dapat peluang emas. Edinson Cavani melepas tembakan dalam posisi jarak dekat. Laju bola berhasil diadang kiper Pedro Gallese.

Peru baru bisa melepaskan tembakan pertamanya di menit ke-42 lewat Edison Flores. Namun, bola yang ditembak dari luar kotak penalti itu meleset dari target.

Jelang akhir pertama Peru kembali mengancam. Bola sundulan dari Andre Carrillo masih sedikit melebar dari gawang. Skor kaca mata pun bertahan hingga turun minum.

Uruguay langsung membuat ancaman saat babak kedua baru berjalan dua menit. Bola dari tendangan bebas Federico Valverde berhasil ditepis Gallese.

Peluang emas didapat Uruguay pada menit ke-58. Suarez melepaskan umpan tarik ke depan gawang Peru. Bola disambar oleh Diego Godin, namun arahnya melambung tinggi.

Cavani sukses merobek gawang Gallese di menit ke-60. Namun, gol tersebut dianulir setelah wasit memutuskan Cavani lebih dulu dalam posisi offside berdasarkan hasil tinjauan video assistant referee (VAR).

Suarez merobek gawang Peru di menit ke-73. Lagi-lagi usaha itu berhasil dianulir berdasarkan tinjauan VAR. Striker asal Barcelona itu sudah dalam posisi offside.

Hasil Copa America: Kalah Adu Penalti dari Peru, Uruguay Gagal ke SemifinalFoto: Sergio Moraes/Reuters

Peru baru bisa melepas tembakan setelah babak kedua berjalan 31 menit. Bola tembakan Christofer Gonzales dari luar kotak penalti masih melebar dari target.

Uruguay masih sangat kesulitan merobek gawang Peru. Tembakan terakhir Valverde di injury time bahkan masih bisa diblok bek Peru.

Tak ada gol hingga laga 90 menit berakhir. Uruguay dan Peru harus melanjutkannya ke adu penalti untuk menentukan pemenang.

Uruguay menjadi tim yang menendang pertama. Luis Suarez gagal menjalankan tugasnya setelah bola berhasil ditepis Gallese.

Jose Paolo Guerrero menjadi penendang pertama dari Peru. Dia berhasil melesakkan gol setelah Fernando Muslera terlambat bergerak ke arah bola. 1-0 Peru memimpin.

Cavani membawa Uruguay menyamakan skor menjadi 1-1. Tembakan kerasnya gagal dibaca oleh kiper. Peru memimpin 2-1 setelah lewat eksekusi Raul Ruidiaz.

Cristhian Stuani menjadi penendang ketiga Uruguay. Dia berhasil mengubah skor menjadi 2-2. Peru memimpin lagi 3-2 lewat tembakan Yoshimar Yotun.

Bentancur dari Uruguay dan Luis Advincula dari Peru menjadi penendang keempat. Keduanya berhasil melesakkan gol. 4-3 Peru memimpin.

Uruguay menurunkan Lucas Torreira sebagai penendang kelima dan sukses menyamakan skor menjadi 4-4. Namun, Peru mampu melaju ke semifinal setelah Edison Flores mengubah skor menjadi 5-4.

Susunan pemain:

Uruguay: Fernando Muslera; Giovanni Gonzalez, Jose Gimenez, Diego Godin, Martin Caceres; Giorgian De Arrascaeta, Federico Valverde, Rodrigo Bentacur, Nahitan Nandes; Edinson Cavani, Luis Suarez.

Peru: Pedro Gallese; Miguel Trauco, Carlos Zambrano, Luis Abram, Luis Advincula; Renato Tapia, Christian Cueva, Yoshimar Yotun, Edison Flores, Andre Carrillo; Jose Paolo Guerrero.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya