SOLOPOS.COM - Ini dia skuat Venezuela yang sukses menaklukkan Kolombia di laga perdana Copa America. Ist/globavision.com

Copa America 2015 yang mempertemukan Komlobia vs Venezuela menjadi laga besejarah bagi si Anggur Merah, julukan Venezuela.

Solopos.com, RANCAGUA— Copa America 2015 memunculkan kejutan. Setelah tim favorit Argentina hanya bermain imbang 2-2 atas Paraguay, tim unggulan Kolombia bahkan ditaklukkan Venezuela 0-1 pada laga pembuka Grup C di Estadio El Teniente, Rancagua, Chile, Senin (15/6/2015) dini hari WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kolombia sebenarnya unggul jauh dalam penguasaan bola. James Rodriguez dkk. mendominasi ballpossession sampai 59 persen. Selain itu, seperti dilansir Whoscored, Kolombia juga unggul jauh dalam meraup tembakan, yakni 15 berbanding 6.

Akan tetapi, dari 15 tembakan yang diperoleh Radamel Falcao dkk., hanya berbuah dua shot on goal. James Rodriguez, Edwin Cardona, dan Juan Cuadrado masing-masing nyaris mencetak gol. Tapi kiper Venezuela, Alain Baroja, mementahkan upaya mereka pada pertandingan itu.

Sebaliknya, meski hanya mengantongi enam tembakan, Venezuela berhasil beberapa kali memaksa kiper Kolombia, David Ospina, jatuh bangun untuk membuat penyelamatan gemilang. Gol semata wayang di pertandingan ini disumbangkan Jose Salomon Rondon pada menit ke-60.

Gol itu berawal dari umpan silang Rafael Ocosta dari sisi kanan, yang diteruskan dengan Alejandro Guerra hingga akhirnya disundul Rondon untuk menembus gawang Ospina.

La Vinotinto alias Si Anggur Merah, sebutan Venezuela, pun menorehkan sejarah baru. Untuk kali pertamanya mereka bisa menang atas Kolombia dalam sejarah Copa America.

Sebelumnya, Venezuela kalah empat kali dalam lima pertemuan di turnamen antarnegara Amerika Latin ini. Satu-satunya kegagalan Kolombia menang atas negara tentangga itu, yakni ketika bermain imbang tanpa gol pada 1979.

“Kami bermain sebagai tim yang komplet. Ketika kami mendapatkan peluang-peluang di depan dan menyerang, kami bisa mengeksekusinya,” jelas Rondon, seperti dilansir Reuters.

Kekalahan atas Venezuela jelas menyulitkan Kolombia untuk lolos ke babak selanjutnya. Perempat finalis Piala Dunia 2014 tersebut akan bertemu Brasil pada pertandingan berikutnya di Grup C, Kamis (18/6) pagi WIB.“Venezuela menutup ruang dengan sangat baik. Kami harus menyusun dan berpikir ulang untuk pertandingan selanjutnya,” beber Ospina.

Bak jatuh tetimpa tangga, Kolombia harap-harap cemas menunggu kondisi Rodriguez. Playmaker Real Madrid tersebut mengalami cedera bahu kanan ketika pertandingan berakhir. Dia membutuhkan perawatan sebelum terjun di pertandingan berikutnya melawan Brasil di Santiago. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya