SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Copa America 2015 memasuki babak perempatfinal. Dua tim kuat, Brasil vs Paraguay akan bertemu.

Solopos.com, CONCEPCION— Brasil hanya sekali menelan kekalahan dalam 11 duel terbaru melawan Paraguay di Copa America. Namun, satu-satunya kekalahan itu bisa jadi masih menghantui Thiago Silva dkk. hingga saat ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada perempat final Copa America 2011, Brasil secara tragis disingkirkan Paraguay lewat drama adu penalti 0-0 (0-2) di Estadio Ciudad de La Plata, Buenos Aires, Argentina. Empat eksekutor penalti Brasil, termasuk Thiago Silva dan Fred, semua gagal mencetak gol. Sementara Paraguay cukup memastikan diri lolos ke semifinal lewat gol Marcelo Estigarribia dan Cristian Riveros dalam adu tos-tosan itu.

Tim berjuluk Selecao itu pun memiliki kesempatan untuk membalaskan dendam atas kekalahan menyakitkan di De La Plata empat tahun silam. Pasalnya mereka akan kembali dipertemukan dengan Paraguay pada perempat final Copa America 2015 di Estadio Municipal Alcaldesa Ester Roa Rebolledo, Concepcion, Chile, Minggu (28/6/2015) pukul 04.30 WIB. Tim asal Negeri Samba itu tentu tak ingin jatuh di lubang yang sama saat berhadapan dengan La Albirroja, sebutan Paraguay.

Ekspedisi Mudik 2024

Meski demikian, bentrok di Concepcion tak sekadar menjadi ajang revans bagi Selecao. Tim polesan Dunga harus kembali membuktikan bisa meraih kemenangan tanpa sang kapten, Neymar, yang dikenai hukuman empat laga sejak dikartu merah saat Brasil tumbang 0-1 dari Kolombia di fase grup lalu.

Tanpa Neymar, Brasil bisa membuktikan tampil oke ketika menundukkan Venezuela 2-1 di pertandingan penutup grup. Dunga memasukkan striker gaek Robinho dan bintang Liverpool, Philippe Coutinho untuk kali pertama dalam starting XI di Copa America kali ini.

Keduanya mampu menjalankan tugas masing-masing dengan baik. Coutinho menjadi gelandang serang di belakang Roberto Firmino yang dipasang sebagai central striker. Sementara Robinho tampil agresif di posisi penyerang sayap yang ditinggalkan Neymar. Adapun gelandang Chelsea, Willian, mencapai permainan terbaiknya bersama Brasil, ketika tak diperkuat Neymar.

Namun perlu digaris bawahi, Paraguay memiliki kualitas di atas Venezuela. “Paraguay lawan yang kompetitif, dan pertarungan akan penuh selama 90 menit. Di Copa America terakhir, kami disingkirkan Paraguay, namun saya harap kali ini akan berbeda. Semoga kami memainkan pertandingan dengan cara kami, enjoy dan penuh tanggung jawab, serta bisa mengeliminasi lawan sulit,” jelas Willian, seperti dilansir Daily Mail, Jumat (26/6/2015).

“Dengan atau tanpa Neymar, saya akan berusaha memainkan sepak bola terbaik. Fokus utama kami pada Paraguay. Kami harus fokus, kami menyaksikan video mereka, mencari informasi, dan semoga bisa bermain baik,” sambung gelandang serang berambut kribo itu.

Meski Brasil kembali tak diperkuat Neymar, bukan berarti barisan pertahanan Paraguay akan santai menghadapi anak asuh Dunga. “Brasil tanpa Neymar jelas berbeda, namun kami semua mereka masih punya pemain-pemain hebat,” jelas bek La Albirroja, Bruno Valdez, seperti dilansir ca2015.com.

Gelandang Richard Ortiz bakal absen membela Paraguay karena sanksi. Sebagai penggantinya, Osmar Molinas akan dipasang mendampingi Nestor Ortigoza di lini tengah. Sementara duet Nelson Valdez dan Lucas Barrios yang mencetak total tiga gol selama Copa America akan memimpin lini serang tim finalis Copa America 2011 silam itu.

“Brasil favorit namun kami harus percaya diri bisa bermain sempurna untuk lolos ke semifinal,” ungkap gelandang La Albirroja, Victor Caceres. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)
 
BRASIL VS PARAGUAY
– Live Kompas TV, Minggu (28/6) Pukul 04.30 WIB
– Stadion: Estadio Municipal Alcaldesa Ester Roa Rebolledo (Concepcion, Chile)
– Wasit: Andres Cunha (Uruguay)
 
Brasil (4-2-3-1) Pelatih: Dunga (Brasil)
Jefferson
Alves, Silva, Miranda, Filipe Luis
Fernandinho, Elias
Willian, Coutinho, Robinho
Firmino
Cadangan: David Luiz, Tardelli, Marquinhos, Douglas Costa, Neto, Geferson, Fabinho, Fred,
Everton Ribeiro, Casemiro, Marcelo Grohe
 
Paraguay (4-4-2) Pelatih: Ramon Diaz (Argentina)
Villar
Caceres, Da Silva, Bruno Valdez, Piris
Bobadilla, Ortigoza, Molinas, Benitez
Nelson Valdez, Barrios
Cadangan: Gonzalez, Santa Cruz, Martinez, Balbuena, Oscar Romero, Aranda, Aguilar, A.
Silva, Pablo Aguilar,V. Caceres
 
Tiga Pertemuan Terakhir
– 18/07/2011         Copa America Brasil        0 – 0(0-2)             Paraguay
– 10/07/2011         Copa America    Brasil     2 – 2        Paraguay
– 11/06/2009         Kualifikasi Piala Dunia     Brasil     2 – 1        Paraguay
 
Sumber: Whoscored/Soccerway. (hkt/JIBI

Kapten Brasil, Neymar, didorong pemain Kolombia, Carlos Bacca. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Kapten Brasil, Neymar, didorong pemain Kolombia, Carlos Bacca. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya