SOLOPOS.COM - Pemain timnas Peru berlatih bersama menjelang final melawan Chile. JIBI/Rtr/Pablo Sanhueza

Copa America 2015 membawa Chile dan Peru bertemu di babak semifinal. Mereka incar tiket ke final pertama sejak 28 tahun silam.

Solopos.com, SANTIAGO— Chile akan memastikan final pertama mereka di Copa America sejak 28 tahun silam apabila bisa mengalahkan Peru di Estadio Nacional Julio Martinez Pradanos, Santiago, Chile, Selasa (30/6/2015) pukul 06.30 WIB.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

La Roja, julukan Chile, menginjakkan kaki di babak empat besar setelah menyingkirkan juara bertahan Uruguay dengan skor 1-0. Di hadapan pendukung mereka, pasukan Jorge Sampaoli itu berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan ambisi besar meraih gelar juara Copa America untuk kali pertama dalam sejarah.

“Chile membuktikan sepak bola spektakuler. Tuhan ingin kami menjadi juara. Kami bisa melawan tekanan, Jika kami membuat gol cepat, itu akan lebih sederhana. Atmosfer di stadion akan luar biasa buat kami,” jelas kiper La Roja, Pauli Garces, seperti dilansir ca2015.com, Minggu (28/62015).

La Roja meraih 10 kemenangan dalam 15 pertemuan terakhir kedua tim. Di Copa America kali ini, Alexis Sanchez dkk. meraup tiga kemenangan dalam empat pertandingan, dengan memproduksi 11 gol. Meski demikian, Chile tak mau menganggap remeh tetangga mereka itu di Santiago nanti.

“Peru lawan yang sulit, mereka bermain bagus ketika melawan Bolivia [Peru menang 3-1 di perempat final]. Itu menjadi pertandingan menarik, rival besar. Mereka selalu memberi kesulitan. Peru bisa bermain bagus di sayap dan udara,” jelas pemain Chile, Jose Pedro Fuenzalida.

Chile kemungkinan besar tidak akan diperkuat Gonzalo Jara. Bek klub Bundesliga, Mainz tersebut diselidiki Komisi Disiplin Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) karena ulahnya memprovokasi striker Uruguay, Edinson Cavani, di perempat final.

Posisinya kemungkinan akan diisi defender Cruizeiro, Eugenio Mena.
Chile harus membangun pertahanan solid apabila gawang Claudio Bravo tak ingin dijebol striker Peru, Paolo Guerrero.
Penyerang berjuluk Predator itu sedang naik daun setelah mengemas hat-trick saat menyingkirkan Bolivia 3-1 di perempat final lalu. Ia bersanding dengan Arturo Vidal di daftar top scorer sementara Copa America 2015, dengan torehan tiga gol.

Meski demikian, Peru juga harus berhati-hati dengan lini belakang mereka. Sebab, Chile memiliki para pemain tipikal menyerang yang mengubah hasil pertandingan. “Peru harus berhati-hati dengan Alexis Sanchez, [Arturo] Vidal, dan [Jorge] Valdivia. Namun secara keseluruhan, Chile bermain sangat bagus sebagai tim,” papar Asisten Pelatih Peru, Norbeto Solano. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

CHILE VS PERU
– Live Kompas TV, Selasa (30/6) Pukul 06.30 WIB
– Stadion: Estadio Nacional Julio Martinez Pradanos (Santiago, Chile)

Chile (4-3-1-2) Pelatih: Jorge Sampaoli (Argentina)
Bravo
Isla, Medel, Albornoz, Mena
Vidal, Diaz, Aranguiz
Valdivia
Vargas, Sanchez
Cadangan: Pinilla, Fernandez, D. Pizarro, Silva, Jara, Fuenzalida, Garces, Rojas, Beausejour, Gutierrez, Henriquez, Herrera

Peru (4-4-2) Pelatih: Ricardo Gareca (Argentina)
Gallese
Advincula, Zambrano, Ascues, Vargas
Lobaton, Ballon, Sanchez, Cueva
Farfan, Guerrero
Cadangan: Carrillo, Hurtado, Reyna, Cueva, Sanchez, Cespedes, Riojas, Requena, Penny, Ramos, Libman, Pizarro, Yotun, Retamoso,

Tiga Pertemuan Terakhir
– 11/10/2014         Persahabatan    Chile      3 – 0       Peru
– 23/03/2013         Kualifikasi Piala Dunia     Peru      1 – 0       Chile
– 12/04/2012         Persahabatan    Peru      0 – 3       Chile

Sumber: yibada.com/whoscored.com/soccerway.com. (hkt/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya