SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SANTA FE–Uruguay berhak atas satu tiket semifinal Copa America 2011 setelah menyingkirkan tun rumah Argentina. La Celeste menyegel tiket ini usai memenangi duel yang ditentukan lewat adu penalti.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Brigadier General Estanislao Lopez, Santa Fe, Minggu (17/7) pagi WIB ini berakhir 1-1 setelah waktu normal 90 menit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Uruguay unggul terlebih dahulu lewat gol Diego Perez di menit kelima, tetapi Argentina membalas melalui gol Gonzalo Higuain di menit 17. Skor ini bertahan sampai berakhirnya waktu normal dan 2×15 menit masa perpanjangan waktu.

Kedua tim menyudahi waktu normal ini dengan 10 pemain karena Perez (Uruguay) dan Javier Mascherano (Argentina) mendapat dua kartu kuning alias kartu merah.

Di adu penalti, satu algojo Argentina gagal, yakni Carlos Tevez. Sementara lima eksekutor Uruguay, yakni Diego Forlan, Luis Suarez, Andres Scotti, Walter Gargano dan Martin Caceres sukses melaksanakan tugasnya.

Jalannya pertandingan

Pertandingan baru berusia lima menit, tetapi Uruguay sukses membuat para pendukung tuan rumah terhenyak ketika sontekan Perez dari mulut gawang sukses membawa tim tamu memimpin 1-0.

Namun Argentina tidak butuh waktu terlalu lama untuk menyeimbangkan kedudukan jadi 1-1. Umpan lambung Lionel Messi ditanduk masuk oleh Higuain yang lolos dari jebakan off-side.

Dalam tempo empat menit, yakni di menit 30 dan 34, masing-masing tim mendapati satu gol yang mereka cetak dianulir wasit. Baik gol Higuain buat Argentina maupun gol Martin Caceres buat Uruguay, semuanya dinyatakan off-side.

Argentina sempat di atas angin ketika Uruguay dipaksa bermain dengan 10 orang sejak menit 38. Perez mendapat kartu kuning kedua akibat melanggar Fernando Gago.

Unggul jumlah pemain, Argentina tampil menyerang. Di menit 77, sebuah tendangan Higuain nyaris berbuah gol andai kiper Uruguay, Fernando Muslera, tidak men-tipnya ke udara.

Empat menit menjelang waktu normal berakhir, giliran Argentina yang kehilangan pemain. Kali ini, Javier Mascherano diusir wasit karena mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Suarez.

Muslera menyelamatkan gawangnya dua kali di menit 89. Yang pertama, sepakan bebas Carlos Tevez bisa ditolak dengan kaki kirinya, lantas bola rebound yang coba disambar Higuain kembali ia jinakkan.

Setelah bermain imbang 1-1 selama 90 menit, pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Di menit 101, sebuah sepakan voli Javier Pastore melayang di atas gawang Muslera.

Tiga menit kemudian, Higuain nyaris mencetak gol keduanya. Mendapat umpan terobosan dari Javier Zanetti, striker Real Madrid itu menendang bola, tetapi tipis menyambar tiang gawang Uruguay.

Pada menit 112, Argentina kembali memetik peluang, kali ini lewat upaya Pastore. Tapi kembali Muslera beraksi menyelamatkan gawangnya dengan menjinakkan sepakan Pastore.

Setelah waktu perpanjangan 2×15 menit habis, sang pemenang harus dicari lewat adu penalti. Dua penendang pertama Argentina, yakni Lionel Messi dan Nicolas Burdisso, sukses mencetak gol, tetapi sepakan Tevez digagalkan Muslera.

Dua penendang berikut Argentina, yaitu Pastore dan Higuain, sukses mencetak gol, tetapi itu tidak berarti karena lima eksekutor Uruguay berhasil melakukan tugasnya dengan baik dan membawa Uruguay menang 5-4.

Di semifinal, Uruguay akan menghadapi Peru yang di pertandingan sebelumnya menekuk Kolombia dengan skor akhir 2-0, juga setelah perpanjangan waktu.(dts)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya