Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus 2022 dalam Rangka HUT ke-77 RI

Berikut ini terdapat contoh teks doa yang bisa dibaca saat upacara 17 Agustus 2022 dalam rangka HUT ke-77 RI.

 Suasana Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

SOLOPOS.COM - Suasana Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Solopos.com, SOLO — Untuk memperingati HUT ke-77 RI, upacara 17 Agustus 2022 menjadi acara yang wajib diadakan. Dalam rangkaian upacara tersebut, tentunya terdapat pembacaan doa di akhir.

Sebagaimana diketahui, masyarakat Indonesia akan memperingati HUT ke-77 RI pada esok hari, Rabu (17/8/2022). Dalam memperingati hari bersejarah tersebut, upacara sudah menjadi acara wajib yang diadakan di perkantoran hingga permukiman.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Dalam rangkaian acara upacara 17 Agustus 2022, terdapat agenda pembacaan doa yang biasanya dibacakan di akhir acara.

Lalu, bagaimana contoh doa yang bisa dibaca dalam upacara 17 Agustus 2022 dalam rangka HUT ke-77 RI?

Baca Juga: Doa Sujud Syukur dan Artinya, Lengkap dengan Tata Caranya

Berikut ini contoh teks doa yang pernah dibaca Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai ucapan syukur Kemerdekaan RI pada 2021 silam, dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Contoh Teks Doa Upacara 17 Agustus 2022

Bismillaahirrahm?nirrah?m. Alhamdulillaahirabbil ‘aalamin. Allaahumma shalli ‘alaa Sayyidinaa Muhammad wa ‘alaa aali Sayyidinaa Muhammad.  

Ya Allah, ya Tuhan kami. Wahai Keindahan yang menciptakan sendiri segala yang indah. Wahai Pencipta yang melimpahkan sendiri segala anugerah. Wahai Maha Pemurah yang telah menganugerahi kami negeri sangat indah dan bangsa yang menyukai keindahan.

Ya Allah yang telah memberi kami kemerdekaan yang indah. Demi nama-nama agungMu Yang Maha Indah. Demi sifat-sifat suciMu Yang Maha Indah. Demi ciptaan-ciptaanMu yang serba indah.

Anugerahilah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami, kepekaan menangkap dan mensyukuri keindahan anugrahMu Keindahan merdeka dan kemerdekaan. Keindahan hidup dan kehidupan. Keindahan manusia dan kemanusiaan. Keindahan kerja dan pekerjaan. Keindahan sederhana dan kesederhanaan. Keindahan kasih sayang dan saling menyayang.

Keindahan kebijaksanaan dan keadilan. Keindahan rasa malu dan tahu diri. Keindahan hak dan kerendahan hati. Keindahan tanggung jawab dan harga diri.  Anugerahilah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami. Kemampuan mensyukuri nikmat anugerahmu dalam sikap-sikap indah yang Engkau ridhai.   

Selamatkanlah jiwa-jiwa kami, dari noda-noda yang mencoreng keindahan martabat kami. Pimpinlah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami ke jalan indah menuju cita-cita indah kemerdekaan kami. Kuatkanlah lahir batin kami, untuk melawan godaan keindahan-keindahan imitasi, yang menyeret diri-diri kami dari keindahan sejati kemanusiaan dan kemerdekaan kami. Merdekakan lah kami dari belenggu penjajahan apa saja selain Allah, termasuk diri kami sendiri.

Kokohkanlah jiwa raga kami untuk menjaga keindahan negeri kami. Ya Nuuru, wahai Cahaya di atas segala cahaya. Pancarkanlah cahayaMu di mata dan pandangan kami. Pancarkanlah cahayaMu di telinga dan pendengaran kami. Pancarkanlah cahayaMu di mulut dan perkataan kami. Pancarkanlah cahayaMu di hati dan keyakinan kami. Pancarkanlah cahayaMu di pikiran dan sikap kami. Pancarkanlah cahayaMu di kanan dan kiri kami. Pancarkanlah cahayaMu di atas dan bawah kami Pancarkanlah cahayaMu di dalam diri kami.

 Pancarkanlah cahayaMu, ya Maha Cahaya agar kami dapat menangkap keindahan ciptaanMu dan meresapinya. Dapat menangkap keindahan anugerahMu dan mensyukurinya. Dapat menangkap keburukan jalan sesat setan dan menghindarinya. Pancarkanlah cahayaMu, ya Maha Cahaya agar kami dapat menangkap keindahan, kebenaran dan mengikutinya.

Dapat menangkap keburukan, kebatilan dan menjauhinya. Agar kami dapat menangkap keindahan, kejujuran dan menyelaminya. Dapat menangkap keburukan, kebohongan dan mewaspadainya.

 Pancarkan cahayaMu, ya Maha Cahaya Sirnakan dan jangan sisakan sekelumit pun kegelapan di batin kami. Ya Allah, kami berdoa dengan menyebut nama-nama indahMu, seperti yang Engkau perintahkan Maka kabulkanlah doa kami, seperti yang Engkau janjikan.

Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wafil aakhirati hasanah, waqinaa adzaabannaar. Walhamdulillaahirabbil ‘alamin.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan HUT ke-77 RI yang Bisa Dipasang untuk Status

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Begini Cara Mempersiapkan Keuangan untuk Menghadapi Resesi Global

      Ketahui sejumlah langkah mempersiapkan keuangan untuk menghadapi resesi global.

      Beginilah Arti Mimpi tentang Naga yang Perlu Diwaspadai

      Ketahui sejumlah arti mimpi terkait naga berikut ini.

      Anak Muda Percayai Media Sosial untuk Segala

      Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menyebut anak muda kini lebih banyak mencari informasi melalui media sosial sebagai sumber dari segala sumber.

      Kenali Manfaat Lari seperti Dilakukan Gisella Anastasia

      Penelitian telah membuktikan bahwa lari punya segudang manfaat bagi tubuh, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

      Kenali Tanda Tubuh Kelebihan Gula

      Kenali tanda tubuh kelebihan gula sebelum terlambat.

      Waspada Child Grooming, Pintu Masuk Predator Seksual Perdayai Korban

      Child grooming merupakan modus predator seksual untuk memperdayai targetnya yang masih anak-anak. Child grooming menjadi pintu masuk predator seksual beraksi dengan mengincar anak di bawah umur.

      Para Perokok, Perhatikan Ini Demi Kesehatan Anak dan Keluarga

      Pada acara talkshow dalam rangka World Lung Day atau Hari Paru Sedunia 2022, yang digelar Solopos Media Group (SMG) bersama Rumah Sakit (RS) UNS Solo, dijelaskan beberapa pemahaman mengenai penyakit paru

      Begini Cara Mengatasi Cegukan Selain Minum Air Putih

      Ketahui sejumlah cara mengatasi cegukan selain minum air putih.

      Amalan dan Keutamaan Bulan Rabiul Awal

      Berikut ini terdapat keutamaan dan amalan yang bisa dilakukan umat muslim di Rabiul Awal, bulan kelahiran dari Nabi Muhammad SAW.

      Pilihlah Es Teh tanpa Gula agar Kesehatan Tubuh Terjaga

      Agar tubuh tetap sehat, sebaiknya pilihlah minum es teh tanpa gula.

      Keutamaan dan Amalan Terbaik Maulid Nabi

      Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan ikhbar bahwa awal bulan Rabiul Awal 1444 H jatuh pada Selasa, 27 September 2022, tepatnya dimulai sejak Senin, 26 September 2022, malam. 

      Ajari Anak Etika Bersin dan Batuk di Tengah Musim Pancaroba

      Anak perlu mengetahui sejumlah etika bersin dan batuk.

      Arti Mimpi Pergi ke Suatu Tempat Tak Selalu Pertanda Buruk

      Ada sejumlah arti mimpi pergi ke suatu tempat, berikut ini ulasannya.

      5 Tips Membersihkan Perabot Rumah Tangga Berbahan Kaca Sampai Kinclong

      Untuk membersihkan perabot kaca secara menyeluruh, pastikan memakai kain dan detergen yang lembut.

      Urutan Doa dan Zikir Setelah Salat Lima Waktu Menurut NU

      Berikut ini terdapat urutan doa dan zikir setelah salat fardu lima waktu menurut Nahdlatul Ulama dalam situs resminya, NU online.

      Manis Gula Olahan, Racun Badan dari Minuman Ringan

      Sejumlah produk minuman ringan hanya mencantumkan tambahan gula olahan dalam ukuran sendok makan, yang terkadang diabaikan karena dianggap sedikit, sehingga berpotensi menjadi racun badan di masa depan.