SOLOPOS.COM - Ini dia timnas Jamaika yang satu kakinya telah memijak di perempatfinal Concacaf Gold Cup 2015. Ist/dok

CONCACAF Gold Cup 2015 memasuki babak akhir penyisihan grup.
Satu kaki Timnas Jamaika pun berada di perempat final.

Solopos.com, HOUSTON — Jamaika memijakkan satu kaki di perempat final Piala Emas CONCACAF (CONCACAF Gold Cup 2015) setelah mengalahkan Kanada dengan skor 1-0 di BBVA Compass Stadium, Houston, Texas, Minggu (12/7/2015) pagi WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sundulan gelandang Rodolph Austin pada injury time menempatkan Jamaika di puncak klasemen sementara Grup B.  Tim besutan Winfried Schafer itu mengoleksi empat poin dari hasil satu kemenangan dan satu kali imbang.

Mereka unggul dua poin dari Costa Rica dan El Savador yang mengekor di peringkat kedua dan ketiga setelah bermain imbang 1-1, Minggu pagi.

“Kami tahu kami memiliki kualitas untuk memimpin grup,” kata Austin seusai mencetak gol kemenangan bagi Jamaika, seperti dilansir Soccerway, Minggu.

Jamaika tampil mendominasi sejak awal pertandingan. Namun, mereka tidak berhasil menjebol gawang Kanada yang dikawal Kyriakos Stamatopoulos hingga waktu normal pertandingan habis.

Stamatopoulos mencatatkan empat kali penyelamatan sempurna sebelum Austin menyambut umpan silang sayap kanan, Adrian Mariappa, untuk mengoyak jala Kanada di menit ke-92.

Suhu udara di Houston mencapai 34 derajat celsius dengan kelembaban udara sekitar 50% saat Jamaika berduel melawan Kanada. Alhasil, kedua tim sempat kesulitan beradaptasi pada awal laga.

“Sangat panas di luar sana. Sangat lembab dan Anda tahu kami bertarung dalam kondisi itu dan kami berhasil meraih tiga poin. Itu hasil yang sangat bagus,” tutur Austin.

Jamaika hanya memerlukan hasil imbang untuk memastikan tiket ke perempat final saat berhadapan dengan El Salvador di laga terakhir, Rabu (15/7/2015) pagi WIB. Sementara itu, Kanada wajib menang atas Kosta Rika untuk lolos ke perempat final, dengan catatan El Salvador bermain imbang atau kalah dari Jamaika.

Sementara itu, perebutan tiket perempat final terakhir dari Grup A akan berlanjut, Selasa (14/7/2015) pagi WIB. Saat ini, hanya Amerika Serikat (AS) yang telah memastikan diri sebagai wakil Grup A di perempat final setelah menekuk Haiti dengan skor 1-0, Sabtu (11/7/2015) pagi WIB. Skuat berjuluk The Yanks itu memimpin klasemen sementara dengan raihan enam poin.

Hasil laga terakhir melawan Panama di Sporting Park, Kansas, Selasa, tidak akan memengaruhi posisi AS di puncak klasemen Grup A. Pasukan Jurgen Klinsmann itu dipastikan melenggang ke perempat final dengan status juara grup. Kendati demikian, Klinsmann tidak ingin timmnya kendur di laga terakhir nanti,

“Kami akan membawa ritme lebih tinggi, berburu tiga poin lainnya, dan mengakhiri babak penyisihan grup dengan tiga kemenangan. Kami menghadapi laga ini dengan sangat serius. Kami juga tahu harus menentukan siapa yang akan ikut lolos, jadi kami tidak akan melepaskan kaki dari pedal,” kata pelatih berdarah Jerman itu.

Panama adalah salah satu tim yang belum pernah kalah di Grup A. Tim besutan Hernan Dario Gomez itu menduduki peringkat kedua klasemen sementara dengan raihan dua poin. Mereka memimpin satu poin dari Haiti dan Honduras yang menempati peringkat ketiga dan keempat.

Jika berhasil mengalahkan AS, Panama berpeluang lolos secara langsung ke perempat final. Namun, mereka harus siap-siap angkat koper jika hanya meraih hasil imbang atau bahkan kalah dari AS.

Sebab, Haiti dan Honduras masih sama-sama berpeluang lolos jika salah satu di antara dua tim itu menang dengan skor besar, sedangkan Panama dicukur AS. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya